Menteri PAN-RB Puji Manado Jadi Kota Pariwisata

Manado,sulutlink.com- Berbagai terobosan yang dihadirkan pemerintah untuk mewujudkan Manado menjadi kota pariwisata dunia, menuai apresiasi dari Menteri Pendayagunaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi (PAN-RB) Asman Abnur.

Menurut Asman, langkah pemkot menjadikan Manado kota pariwisata dunia patut ditiru daerah lainnya. “Kota Manado sekarang ini sangat baik. Dan sedang menjadi salah satu kota pariwisata di Indonesia. Karena itu, perbaikan terus dilakukan Kota Manado terutama dalam peningkatan kinerja aparaturnya,” puji Abnur.
Diketahui, Manado menjadi satu-satunya kota/kabupaten di Provinsi Sulawesi Utara (Sulut) yang mendapat mendapat nilai BB dalam Sistem Akuntabilitas Kinerja Instansi Pemerintah (SAKIP) 2018. Penyerahan piagam penilaian tersebut diserahkan MenPAN-RB Asman kepada Wali Kota Manado Vicky Lumentut di Ballroom Hotel Tentrem Jogjakarta, Selasa (13/2).

Sebelum menerima penghargaan, Wali Kota Vicky Lumentut bersama Bupati Banggai H Herwin Yatim dan perwakilan Pemerintah Provinsi Jogjakarta terlibat talk show yang dipandu komedian cerdas Jogjakarta Den Bagus. Di hadapan Bupati, Wali kota serta perwakilan Pemprov se-Indonesia itu, Lumentut memaparkan strategi yang dilakukan Pemkot Manado dalam meraih nilai terbaik penilaian SAKIP.
“Ketika saya masuk di Kota Manado 2010 lalu, nilai SAKIP kami tidak bagus yakni D. Saya lalu bertekad untuk memperbaiki nilai yang jelek itu, dengan melakukan konsultasi dengan Kementerian PAN-RB serta melaksanakan perbaikan kinerja aparatur di jajaran Pemkot Manado,” ujar orang nomor satu di Manado itu.
Menurut dia, dengan adanya perbaikan dalam sistem pemerintahan, perlahan-perlahan mulai terjadi perubahan yang berpengaruh pada penilaian SAKIP. “Dengan kerja keras yang dilakukan, nilai kami bisa diperbaiki dari D kemudian C, CC dan akhirnya dapat nilai B selama empat tahun berturut-turut,” tukas Wali Kota terbaik se-Indonesia itu. Acara penyerahan Hasil Evaluasi Akuntabilitas Kinerja Pemerintah Daerah dihadiri para kepala dan perwakilan Provinsi, Kabupaten dan kota di wilayah III se-Sulawesi, Jawa Tengah, Jogjakarta, Maluku, Maluku Utara, Papua dan Papua Barat. Provinsi Sulut kembali meraih nilai B, sedangkan nilai A satu-satunya kembali diberikan kepada Jogjakarta yang diterima langsung Gubernur Sri Sultan Hamengku Buwono X. Tampak mendampingi Walikota Vicky Lumentut dalam kegiatan tersebut Kepala Badan Perencanaan Penelitian dan Pengembangan Daerah (Bapelitbang) Kota Manado Liny Tambajong, Kabag Organisasi dan Pendayagunaan Aparatur Daerah Inov Walelang serta Kabag Pemerintahan dan Humas Steven Runtuwene.

(ONAL GAMPU)

 

 

 

 

 

You must be logged in to post a comment Login