MENWA POLNUSTAR DIBEKALI WAWASAN KEBANGSAAN DI KODIM

Sulut, Tahuna, Sulutlink.com – Kepala Staf Komando Distrik Militer (Kasdim) 1301/Sangihe Sulawesi Utara, Mayor (Inf) Sonny B Saerang memberikan pembekalan bela negara dan wawasan kebangsaan (Wasbang) kepada Resimen Mahasiswa (Menwa) Politeknik Nusa Utara (Polnustar).

Kepada 20 mahasiswa anggota Menwa Polnustar, Sonny Saerang memaparkan tentang sikap dan perilaku sebagai warga negara yang dijiwai oleh kecintaannya kepada NKRI (Negara Kesatuan Republik Indonesia) berdasarkan Pancasila dan UUD (Undang-Undang Dasar) 1945.

“Bela negara pada hakikatnya berbakti pada negara dan rela berkorban membela negara,” kata Sony Saerang di Tahuna, Rabu.

Menurut dia, sebagai warga negara dalam upaya bela negara, setiap warga negara harus memiliki tiga prinsip dan lima unsur.

“Tiga prinsip, yakni kedaulatan negara, keutuhan wilayah dan keselamatan bangsa. Sedangkan lima unsur yaitu; cinta tanah air, sadar berbangsa dan bernegara, yakin Pancasila sebagai falsafah dan ideologi negara, rela berkorban untuk bangsa dan negara serta kemauan bela negara,” kata dia.

Pembekalan bela negara dan wawasan kebangsaan ini sebagai materi dalam pra pendidikan dan latihan dasar Menwa Angkatan ke-10 Tahun Ajaran 2019 di Kodim 1301/Sangihe.

Dia berharap, dengan dilaksanakannya pelatihan dasar, anggota Menwa Polnustar bisa memiliki disiplin serta tanggungjawab sebagai warga negara yang memiliki status selaku mahasiswa.

“Sebagai mahasiswa dan anggota Menwa diharapkan memiliki disiplin yang tinggi setelah mengikuti pelatihan dasar di Kodim Sangihe,” kata dia.

(ANT/Ryn)

You must be logged in to post a comment Login