Menyoal Janji Rumah DP 0 Rupiah Pasangan Anies-Sandy, Ini kata BI

1425230shutterstock-23304874780x390
ilustrasi (dok.kompas)

Jakarta, Sesuai janji Pasangan Gubernur dan Wakil Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan dan Sandiaga Uno yang terpilih versi hitung cepat, berencana akan menyediakan skema pembelian rumah tanpa uang muka alias DP Nol Rupiah. Lewat program ini, diharapkan warga DKI Jakarta berkesempatan memiliki tempat tinggal sendiri nantinya.

Sandiaga menyatakan, dirinya dan Anies siap merealisasikan program perumahan tanpa DP. Pasangan ini akan menganggarkan Rp 2,5-3 triliun pada tahun pertama.

“Kalau dibagi lima tahun, tahun pertama target kita antara Rp 2,5 sampai 3 triliun yang dibutuhkan. Ini yang harus dikomunikasikan dengan baik,” kata Sandiaga.

Sandiaga mengaku akan segera berkomunikasi dengan DPRD untuk membahas anggaran program tersebut. Ia juga sudah berdiskusi dengan berbagai pihak untuk segera merealisasikan programnya.

Mengenai program pembelian rumah tanpa uang muka alias DP Nol Rupiah yang dicanangkan pasangan Anies-Sandy dalam janji kampanyenya waktu lalu, Direktur Eksekutif Departemen Komunikasi Bank Indonesia (BI), Tirta Segara, enggan berkomentar lebih dalam mengenai program unggulan Anies-Sandi tersebut. Namun ia mengatakan, program tersebut bisa saja berjalan jika ada jaminan khusus dari pemerintah.

“Saya tidak mau komentar, regulasi tetap berlaku. Kalau dijamin pemerintah bisa saja,” tutur Tirta di Gedung Thamrin BI, Jakarta Pusat, Kamis (20/4/2017).

“Tapi saya belum bisa diberikan informasi lebih. Dibaca dulu nanti aturannya,” tambah Tirta. (red./bsb)

You must be logged in to post a comment Login