Miris !!! Kasus Dugaan Sekdes Fiktif Seret Mantan Asisten III Pemkab Minut

Minut, Sulutlink.com – Penyelidikan dugaan kasus Sekretaris Desa (Sekdes) fiktif di Kabupaten Minahasa Utara, rupanya terus didalami penyidikanya oleh Korps baju coklat.

Bahkan dalam mengungkapkan kasus ini, Kejaksaan Negeri Minut telah membuat langkah maju dengan menetapkan mantan Asisten III Pemkab Minut Max Purukan sebagai tersangka.

Rustiningsih SH,MH Kepala Kejaksaan Negeri Minahasa Utara mengatakan jaksa sebelum menetapkan tersangka, terlebih dahulu telah melakukan ekspos dan gelar perkara pada pekan lalu dan tersangka MP telah diperiksa oleh tim penyidik Kejari Minut.

Kasus ini diusut setelah adanya dugaan aliran dana hingga miliaran rupiah yang dikumpulkan dari warga sipil dengan setoran kisaran 40 – 60 juta rupiah/orang kepada Panitia pengangkatan Aparatur Sipil Negara (ASN).

Modusnya, warga sipil yang telah menyetor uang diberikan SK sebagai Sekdes oleh oknum tertentu dengan memanipulasi data sedemikian rupa dan desa yang dimaksud adalah fiktif.

Terdapat juga 25 orang Sekdes sisa yang tidak diakomodir dan mereka ini juga dimintai uang sebesar 10 – 25 juta rupiah melalui seorang yang ditunjuk sebagai koordinator.

Diketahui kasus ini bergulir sejak tahun 2009 disaat Pemkab Minut dipimpin oleh Bupati Sompie Singal MBA dan Wakil Bupati Yulisa Baramuli.(JoTam)

You must be logged in to post a comment Login