Opa Marcus De Jonge Tumbol Sebut Istilah Kebangkitan Kepribadian

Minut,Sulutlink.com – Tokoh pendidikan Sulawesi Utara Drs Marcus De Jonge Tumbol, angkat bicara mengenai kondisi kepribadian bangsa, yang dinilainya akhir- akhir ini sudah tidak lagi melekat dalam sanubari rakyat Indonesia.

Ini ditegaskannya saat bertemu dengan beberapa tokoh dari kalangan birokrat, politisi dan praktisi di Sulut, Senin (27/8/2018) di kediamannya di desa Matungkas Kecamatan Dimembe Kabupaten Minut.

Menurutnya, berita – berita di beberapa media massa baik cetak maupun elektronik di Indonesia, sering mempertontonkan tayangan dari bahaya laten terorisme, narkoba, korupsi dan tindak kriminalitas lainnya, yang terjadi di kurun waktu dua dekada terakhir ini.

Baginya, ini pertanda bahwa sudah saatnya rakyat dan Pemerintah Indonesia secara bersama membangkitkan kembali kepribadian bangsa, yang dinilainya sudah agak kropos dan rapuh akibat dari perkembangan moderenisasi yang melanda Indonesia.

“Pendidikan budi pekerti pembentukan karakter kepribadian, kelihatannya sudah menurun dan sudah tidak lagi seperti pada waktu di lima dekade sebelumnya,” jelas mantan Kepala Kantor Departemen Pendidikan dan Kebudayaan Kabupaten Minahasa periode (1985 s/d 1991).

Bangsa Indonesia sekarang ini, harus memikirkan dan melakukan suatu gerakan moral yaitu Kebangkitan Kepribadian, yang dapat memunculkan suatu generasi muda yang betul – betul mempunyai tanggung jawab dalam melaksanakan tugasnya.

Drs Ferdinand Mewengkang Ketua Komisi I DPRD Provinsi Sulut saat dimintai konfirmasi mengatakan, apa yang dikatakan oleh Drs Marcus Tumbol sangat benar dan beralasan.

Menurutnya, pembentukan karakter bilding sangat perlu untuk diterapkan dan ini dapat dilihat dari saat pembentukan awal secara sosiologis, yaitu saat dari balita yang apabila sudah dibekali dari sejak kecil, maka akan menjadi penerus bagi nusa dan bangsa yang mempunyai moral kepribadian yang tinggi.

Namun akan berbeda apabila pembentukan karakter nanti akan dibentuk pada umur yang sudah tua, itu tidak akan ada gunanya lagi.

“Saya setuju dan dukung istilah Kebangkitan Kepribadian yang dicetuskan tokoh pendidikan Sulut Drs Marcus Tumbol. Kalau dasarnya kuat, maka bangsa Indonesia pasti akan kuat,” ucap Ketua Komisi I Bidang Pemerintahan, Hukum dan Ham.(JoTam)

You must be logged in to post a comment Login