Pansus Raperda Pohon: Kapojos Optimis Juni Sudah Diparipurnakan

red2KS-Sulutlink.com on March 17. 2020

Deprov, Komisi III DPRD Sulut genjot terbitnya Peraturan Daerah (Perda) Pohon solusi atasi fenomena pemadaman listrik.

Demikian ditegaskan Ketua Komisi III DPRD Sulut Berty Kapojos serangkaian pembahasan di tingkat komisi bersama PT. PLN guna menyamakan persepsi sekaligus optimalisasi masukan menjadi acuan bahan pembahasan bagi Panitia Khusus (Pansus) Ranperda Pohon.

Politisi PDIP Berty Kapojos optimis Ranperda yang diinisisasi komisi III tersebut akan tuntas paling lambat bulan Juni mendatang.

“ Ini akan menjadi prioritas Komisi III ataupun dari DPRD. Karena kami dari pimpinan mengharapkan kalau bisa bulan Juni sudah bisa di paripurnakan.” tandas mantan Ketua Dewan Kabupaten Minahasa Utara ini, Selasa (17/3-2020) usai rapat bersama PT. PLN.

Kapojos menambahkan, kalaupun PLN nantinya 20 tahun kedepan jaringannya semua sudah di bawah tanah tentunya Perda Pohon akan ditinjau lagi untuk dicabut karena, mungkin tidak ada lagi gangguan.

Sementara untuk agenda kedepan, komisi III menjadwalkan akan melakukan pembahasan dengan beberapa instansi terkait seperti Dinas PUPR termasuk PLN Pikitring bahkan turun lapangan ke beberapa daerah kabupaten/kota guna sosialisasi Ranperda Pohon untuk mereka ketahui.

Disisi lain anggota Komisi III lainnya Netty Agnes Pantouw (NAP) memberikan usulan jika dalam pembahasan Pansus dapat ditambahkan pembatasan usia pohon serta jenis pohon yang layak ditanam agar tidak mengganggu jaringan listrik.

“ Salah satu faktor yang mengakibatkan pemadaman adalah pohon, karena bisa mengganggu jaringan listrik. Oleh karena itu sambil menunggu pembahasan bab per bab, pasal per pasal ayat per ayat, saya kira mohon juga dapat dipikirkan terkait usia pohon dan jenis pohon apa saja yang layak untuk ditanam dipinggir jalan karena ini tidak hanya terkait dengan listrik tapi juga dengan penggunaan jalan.”kunci NAP

You must be logged in to post a comment Login