Patut Diketahui !!! Pedoman Pencegahan Dan Pengendalian Coronavirus Disease (Covid-19)

Minsel,Sulutlink.com- Bupati DR Christiany Eugenia Paruntu,SE berupaya keras meminalisir penyebaran Civid-19 di Kabupaten Minahasa Selatan.

Dinas Kesehatan Minsel sebagai ujung tombak pelaksanaan pencegahan dan pengendalian Covid-19, mengeluarkan rujukan himbauan cara memutuskan mata rantai penyebaran virus mematikan tersebut.

Kepala Dinas Kesehatan Minsel dr. Erwin Schouten kepada awak media mengatakan, masyarakat sehat terlalu bergantung pada pengunaan masker, yang sebenarnya masker lebih direkomendasikan kepada orang/pasien yang sedang sakit.

Menurutnya, Pedoman Pencegahan Dan Pengendalian Coronavirus Disease (Covid-19) yang dikeluarkan oleh Kementerian Kesehatan RI disebutkan berdasarkan bukti ilmiah, Covid-19 dapat menular dari manusia ke manusia melalui kontak erat dan droplet (wadah yang terkena bersin/air liur yang kemudian disentuh orang sehat) serta tidak melalui udara.

Dijelaskannya, orang yang paling beresiko tertular penyakit ini adalah orang yang kontak erat dengan orang yang Covid-19, termasuk yang merawat pasien Covid-19.

Lanjutnya, rekomendasi standart untuk mencegah penyebaran infeksi adalah cuci tangan secara teratur, menerapkan etika batuk dan bersin, menghindari kontak secara langsung dengan ternak dan hewan liar serta menghindari kontak dekat dengan siapapun yang menunjukan gejala penyakit pernafasan seperti batuk dan bersin.

“Dihimbau kepada masyarakat untuk mengurangi aktifitas berpergian keluar kota/daerah dan selalu menjaga stamina tubuh, dengan mengkonsumsi makanan sehat dan buah serta olahraga. Hindari kontak langsung dengan orang secara umum dan apabila mengalami gejala sakit pernafasan seperti flu dan batuk, diharapkan untuk segera memeriksakan diri ke dokter atau puskesmas dan rumah sakit terdekat,”ucap Schouten. (JoTam)

You must be logged in to post a comment Login