PD Pasar dan Kejari Manado Sepakat, Perkuat Tata Kelolah Penelaah Hukum Karyawan dan Pedagang

15033743150041645681574MANADO, Sulutlink.com- Guna menunjang program pemerintah Pusat untuk memberantas korupsi, pihak Perusahaan Daerah PD Pasar hari ini Selasa 22 Agustus 2017 melaksanakan penandatangganan kerjasama antara Kejaksaan Negeri Manado terkait tata aturan masalah hukum perdata pengelolaan pasar yang terletak di Bersehati tersebut.

Menurut Direktur Utama PD Pasar, Ferry Keintjem SE, penanda-tanganan bersifat tata usaha perdata negara sebagai bentuk kewenangan kami untuk menata tata kelolah PD Pasar.

“Sesuai hasil rekomendasi BPK tahun 2013 akan kami laporkan ke kejaksaan termasuk piutang PD Pasar. ini dilakukan untuk meningkatkan potensi retribusi dan kami tidak mengelolah anggaran akan tetapi aset,”ucapnya.

Lebih jauh katanya, sesuai Perda Nomor 1 tahun 2013 pihak PD Pasar hanya sebatas mengelolah proyek Disperindag dan pihak lain yang ada di kawasan pasar tradisional.

“Kejari adalah pengacara negara yang menjadi mitra dari pihak PD Pasar,” ucapnya.

Sementara itu Kepala Kejaksaan Negeri (Kejari) Manado Budi Panjaitan melalui Kasie Perdata dan Tata Usaha Negara Harry AG Tendean SH, MH mengatakan, peran pedagang dipasar tradisional sangat besar terhadap laju pembangunan di Kota Manado. 

“PD Pasar harus memberikan rasa aman dan nyaman terhadap pedagang serta pelaku usaha,” ucapnya.

Selain itu kata Tendean, dari catatan BPK yang akan diberikan oleh pihak PD Pasar nanti akan kami tindaklanjuti secara persuasif sebab kami bukan banper PD Pasar melainkan untuk menunjang program pemerintah kota sesuai aturan yang berlaku.

“Pada intinya kami akan memberikan bantuan hukum kepada pihak PD Pasar dan pedagang,” pungkasnya.

Benny Parasan salah satu anggota dewan menambahkan, ini merupakan langkah maju dari pihak PD Pasar yang bermuara pada pengelolaan dan tata cara perusahaan PD Pasar.

“Ini merupakan langkah cerdas yang dilakukan oleh PD Pasar untuk menjalin hubungan baik dengan pihak pedagang. Sebab penataan pasar tradisional di Kota Manado sudah bagus dan tataran lebih baik,” tegas Parasan.

Ikut hadir dalam penandatangganan tersebut, Dirum Hendra Zoenardji, Dirops Didi Sjafei, Dirbang Tommy Sumelung, Kabag Umum Hence Lumentut, Kabag ekonomi Jimmy Rotinsulu, Banwas Helmy Bachdar serta para pedagang dan karyawan pasar. (Onal)

 

You must be logged in to post a comment Login