PEKERJAAN KONSTRUKSI FISIK BENDUNGAN KUWIL SULUT CAPAI 57,5 PERSEN

MINUT, Sulutlink.com – Manager Project PT Wijaya Karya (Persero) Tbk, Aprianto Donny mengatakan pengerjaan fisik paket satu Bendungan Kuwil Kawangkoan, Kabupaten Minahasa Utara, Sulawesi Utara mencapai 57,5 persen.

“Rencananya 57,8 persen atau ada deviasi sekitar 0,3 persen,” sebut Aprianto di Manado, Sabtu.

Deviasi sekitar 0,3 persen itu, sebut dia, lebih dikarenakan ada volume yang tidak bisa dikerjakan karena kondisi lapangan yang memang perlu diamandemen.

“Pakerjaan saat ini memang fokus pada bendungan utama selanjutnya sementara juga berlangsung pekerjaan penimbunan pelindung pekerjaan inti bendungan di bagian hulu,” sebutnya.

Harapannya, ketika musim hujan ketinggian air pada elevasi tertentu berada pada posisi aman dan tidak berpengaruh pada pekerjaan bendungan inti.

“Ini yang terus kami genjot, walaupun memang ada kendala pada pembebasan lahan. Kami harap kendala itu (lahan bebas) tidak terjadi di tahun depan,” harapnya.

Aprianto menambahkan, dari pagu anggaran tahun ini yang dialokasikan sebesar Rp210 miliar telah terserap sekitar Rp200 miliar.

Selisih sekitar Rp10 miliar yang belum terserap, sebut dia karena pekerjaan penimbunan yang belum bisa dikerjakan akibat lahan yang belum bebas.

Pembangunan bendungan Kuwil dikerjakan dalam dua paket, paket satu dibangun oleh PT Wijaya Karya kerja sama operasi dengan PT Daya Mulia Turangga, sementara paket dua dikerjakan oleh PT Nindya Karya.

Lingkup kerja paket satu mencakup pembangunan terowongan pengelak dan outlet, bendungan utama dan perkerasan puncak bendungan.

Sementara paket dua mencakup bangunan pelimpah, bangunan Pembangkit Listrik Tenaga Mikro Hidro, jalan inspeksi, jalan akses, bangunan fasilitas, bangunan pengambilan, terowongan pengelak serta jembatan spillway.

(ANT/Ryn)

You must be logged in to post a comment Login