Pembuatan KTP di Alungbanua Capai Rp 500 Ribu

 

Manado, sulutlink. com- Sekira ratusan warga yang ada di Kelurahan Alung banua Kecamatan Bunaken Kepulauan mengeluh.  Pasalnya, Wilayah yang terdiri atas dua lingkungan dengan penduduk mencapai delapan ratus jiwa itu sudah sekian lama belum mendapat kan pelayanan yang maksimal dari Pemerintah  Kota khususnya dinas catatan sipil.  Informasi yang diperoleh dari  warga setempat, keluhan  itu disebabkan  karena  untuk  pengurusan pembuatan Kartu Tanda Penduduk (KTP) masyarakat disana harus mengeluarkan kocek sebesar Rp 400-500 ribu. Padahal untuk  pembuatan  KTP sama sekali tidak perlu dipungut biaya sepersenpun oleh Instansi tehknis  yakni, Dinas Kepen dudukan Dan Catatan Sipil (Discapilduk)

“Masyarakat disini  kalau mo urus  KTP dorang  musti  bayar  Rp 400-500 ribu, ” ucap sejumlah warga tatkala ditemui disana.

Menurut mereka ini sudah menjadi kebiasaan karena jarak tempuh ke Manado terbilang  jauh  sehingga semua pengurusan  KTP kami serahkan kepihak kelurahan.

“Memang depe biaya beking KTP mahal tapi mau  bagemana lagi, “keluh mereka.

Pernyataan warga  itu  dibenarkan oleh Lery Pasuhuk, salah satu warga yang sudah lama berdomisili di Alungbanua. Menurutnya, selain pembuatan  biaya KTP mahal,  di Wilayah sini juga masih kekurangan sarana air bersih sebagai produk  utama masyarakat  untuk  MCK. “Pembuatan  KTP dan konsumsi air bersih  sangat mendesak ditekel oleh Pemerintah Kota. Dan kami berharap ada kepeduliaan dari bapak Walikota GS Vicky  Lumentut , untuk mengatasi persoalan kemasyarakatan tersebut” pintahnya.

Kepala Dinas Kependudukan dan Catatan Sipil  Julises Ohelers SH mengatakan, pembuatan  KTP sampai saat ini  tetap digratiskan.  Dan silahkan  masyarakat datang langsung  ke Kantor  Discapilduk Manado .

“Sapa bilang musti bayar, sekarang pembuatan KTP sudah digratiskan bagi masyarakat.” Pungkas mantan Kepala Dinas Lingkungan Hidup  Manado ini.

(ONAL GAMPU)

 

 

You must be logged in to post a comment Login