Pembukaan Weak Two

Oleh : Bert Toar Polii
Pembukaan Weak Two adalah pembukaan preemptive dengan persyaratan yang cukup ketat dibandingkan dengan pembukaan preemptive di level tiga. Pembukaan Weak Two yang tradisional adalah pegangan 6 kartu bagus dengan 6-10 High Card Point (HCP) dan tergantung kondisi papan (bahaya atau tidak bahaya) dan juga tangan ke berapa.
Tipe yang ideal untuk pembukaan Weak Two adalah :
S – KQ10975
H – 54
D – K98
C – 106
Dalam artikel ini, penulis hanya akan membatasi pada pembukaan Weak Two gaya tradisional sebagai dasar untuk para pemain pemula. Karena dalam perkembangannya, pembukaan Weak Two semakin tidak beraturan, tapi tentu saja membutuhkan pengalaman untuk bisa melakukan itu.
Mengapa para pemain memilih menggunakan pembukaan Weak Two?. Karena pembukaan Weak Two selain bermanfaat sebagai senjata untuk mengganggu lawan bisa juga menjadi senjata yang ampuh untuk menemukan kontrak terbaik. Sebagai pengganggu rasanya kita semua sudah tahu karena Weak Two dikategorikan sebagai pembukaan preemptive terendah, sehingga otomatis akan sangat menggangu lawan. Sebaliknya jika partner dari yang melakukan pembukaan Weak Two pegang pegangan kuat maka ia dengan mudah akan bid slam atau grand sekalipun karena ia tahu pegangan partnernya dengan jelas.
Persoalan yang harus segera ditetapkan oleh pemain yang akan menggunakan pembukaan Weak Two adalah kualitas dari suit. Untuk menentukan ini, perlu ditetapkan dulu tujuan pembukaan Weak Two. Kalau pembukaan Weak Two diarahkan untuk menggangu lawan maka otomatis tidak bisa melakukan syarat-syarat yang ketat sehingga bisa melakukan pembukaan Weak Two secara lebih sering Sebaliknya bagi yang ingin agar jalan penawaran pada setelah pembukaan Weak Two bisa lebih akurat maka tentu saja syarat-syarat yang dibutuhkan untuk pembukaan Weak Two harus lebih ketat. Akibatnya lawan juga tidak akan banyak mendapat kesulitan dalam penawaran. Tradisional Weak Two atau pembukaan Weak Two yang disiplin adalah cocok untuk pilihan yang kedua. Modern Weak Two merupakan pilihan yang tepat untuk pilihan yang pertama. Hal pentng yang harus dipahami, tidak mungkin kita bisa melakukan kedua-duanya. Sering mengganggu lawan tapi juga ingin penawaran yang sempurna. Penulis sejak beberapa tahun yang lalu telah memilih pembukaan Weak Two modern yang medapat banyak tantangan karena memang sangat agresif. Untung saja komentar miring mengenai preemptive modern sudah mulai berkurang saat ini terutama dengan semakin maraknya siaran langsung Kejuaraan Bridge internasional melalui internet dimana menunjukan trend penggunaan preemptive modern semakin digemari. Walaupun demikian akan sangat bermanfaat untuk seorang pemain menguasai dulu pembukaan Weak Two yang tradisional sebelum beralih ke yang modern.
Sebagai pemula sebaiknya syarat untuk suit minimal seperti ini, KJ10865 dalam posisi tidak bahaya dan kalau posisi bahaya, seperti ini KQ10875. Kenapa dari tadi selalu ditekankan mengenai posisi papan? Karena, semua yang kita lakukan di meja bridge selalu mempertimbangkan kondisi bahaya atau tidak bahaya. Dalam posisi tidak bahaya mungkin baik dengan range point 6 – 10 tapi pada posisi bahaya sebaiknya 8-10.
Pertanyaan lain yang sering muncul, bolehkah buka Weak Two dengan pegangan ada void. Sebaiknya untuk tangan pertama dan kedua jawabannya tidak boleh ada void. Kenapa? Karena dengan pegangan ada void, otomatis distribusi akan menjadi 6-4-3-0. Pegangan ini akan menyulitkan responder karena akan sangat sulit buat responder untuk mengetahuinya sehingga menghilangkan kemungkinan mendapatkan fit yang lebih baik 5-3 atau 5-4 dan bahkan 6-4 atau 6-3.
Contoh :
Barat Timur
S AJ10876 S 2
H – H J976
D K654 D A98732
C 987 C AK
Kalau Barat buka 2S maka tidak ada pilihan buat timur selain pass. Mungkin saja kontrak 2S bikin tapi sebenarnya pasangan TB mempunyai kontrak yang lebih baik 6D atau malah 7D.
Hal lain yang juga sering menjadi pertanyaan, bolehkah buka Weak Two dengan ada 4 kartu di warna lain?. Untuk 4 kartu major sebaiknya tidak boleh terutama untuk tangan pertama dan kedua sedangkan 4 kartu minor diperkenankan.
Sebagian pemain malah melarang ada 3 kartu major tapi aturan ini rasanya terlalu berlebihan. Memang, kadang-kadang sulit untuk menemukan fit 5-3 di warna major yang lain tapi larangan ini akan membuat sangat terbatas pegangan yang memenuhi syarat untuk pembukaan Weak Two.
Hal lain yang menjadi sorotan adalah apakah boleh dengan pegangan 2Ace. Yang tidak membolehkan memberi alasan, akan sangat sulit untuk menentukan soal “sacrifice” ketika lawan bid slam. Tapi, ada juga yang berpendapat selama memenuhi syarat mengapa tidak.
Contoh :
S AJ10874
H 1087
D A76
C 8
Dengan buka Weak Two, semua pegangan dengan jelas telah diberitahukan. Alangkah sulitnya buat partner membayangkan pegangan seperti ini ketika pada kesempatan pertama bid memilih pass.
Persoalan terakhir yang juga sering menjadi pertanyaan adalah bolehkah buka Weak Two dengan 5 kartu? Weak Two tradisional melarang pemain melakukan ini kecuali pada tangan ketiga dimana karena partner sudah pernah pass segala aturan mengenai pembukaan weak two bisa dilanggar. Alasannya, sisi opener jelas sudah kecil kemungkinan ada game, jadi lebih banyak tujuannya untuk menggangu lawan. Untuk 7 kartu juga dilarang kecuali pada posisi bahaya bisa dipertimbangkan.
Terakhir mengenai bagaimana pembukaan Weak Two pada tangan keempat. Disini tujuan untuk menggangu lawan jelas tida berlaku dan kita mempunyai pilihan untuk pass. Buat apa bid kalau hanya untuk down atau lawan yang akhirnya bermain. Sebaiknya pada tangan keempat buka Weak Two dengan pegangan 10-14 seperti contoh dibawa ini :
S AKQ876
H K3
D 876
C J10
Salah satu contoh keberhasilan pembukaan Weak Two :
S KQ73
H 32
D Q752
C 953
S 1042 S A5
H AQJ1084 H K95
D 96 D A3
C K6 C AQJ1072
S J986
H 76
D KJ1084
C 84
Barat Utara Timur Selatan
Wei-Sender Ron Andersen
Pass
2H Pass 4C(1) Pass
4H(2) Pass 5C (3) Pass
5H (4) Pass 5NT (5) Pass
7H (6) Pass 7NT (7)
(1) Control Asking Bid di Club
(2) Second Round Control
(3) King atau Singleton?
(4) King
(6) Grand Slam Force
(7) 2 Top Honor
14 trik !!!
Isteri CC Wei pengarang sistim Precision, Katie Wei yang juga seorang pemain top Amerika Serikat berpasangan dengan almarhum Ron Andersen seorang pemain serba bias asal Amerika Serikat mempergakan secara baik pemanfaatan Weak Two bid. Almarhum Ron Anderson selain pemain yang hebat, juga seorang komentator vugraph dan pengarang buku.

You must be logged in to post a comment Login