Pemerintah Bangga Kepedulian Sumonder California, 30 Tempat Sampah Segera Tiba

Sonder, Sulutlink.com – Diaspora Sumonder dan Kawanua yang bermukim di California America, tidak melupakan bumi pertiwi. Mereka ambil peran dalam mengisi pembangunan, serta memelihara lingkungan, termasuk memajukan Pariwisata. Tanah Minahasa terus menjadi sasaran mereka untuk ikut serta ambil bagian, meskipun dari tanah seberang.

 

Saat ditemui Sulutlink.com Selasa (5/2) di Tounelet Sonder, Camat Sonder Drs. Rouldy Mewoh yang menjadi perpanjangan tangan Bupati Minahasa Ir. Royke Octavianus Roring, M.Si dan Wakil Bupati (Wabub) Robby Dondokambey, S.Si,  menyatakan bangga terhadap kepedulian Sumonder California yang bakal menyokong kebersihan di Minahasa. Desa Sendangan Sonder dipilih menjadi Proyek Percontohan (Pilot Project). “Kami merespon baik. Pimpinan Sumonder California sudah menyampaikan kepada kami”, kata Mewoh penuh semangat. Komunitas generasi muda di Desa Sendangan yakni ‘Fareck Family Community’ yan dipimpin Donny Menayang, akan mengeksekusi program peduli lingkungan bersih, yang tentu akan berdampak bagi dunia pariwisata di Minahasa. “Kami menyambut baik”, pungkas Mewoh.

 

Diharapkan dengan ketersediaan tempat sampah dan pengelolaan sampah yang baik, maka masyarakat akan sadar lingkungan, dan tidak membuang sampah sembarangan, apalagi di Kuala (Sungai) yang mengarah ke Sungai Nimanga yang ada di Tincep dan Timbukar Sonder, dimana merupakan pusat olahraga air sekaligus destinasi wisata arung jeram. Pimpinan Sumonder California Hengry Mendur kepada Sulutlink.com menyatakan bahwa dalam beberapa hari ke depan, sebanyak 30 tempat sampah besar yang dipesan di Jakarta atas donasi anggota Rukun Sumonder di California, akan tiba di Sonder. Selanjutnya wadah itu akan diserahkan Perwakilan Sumonder California Jeinner J. Rawung, bersamaan dengan penyuluhan kebersihan lingkungan dari Dinas Terkait di lingkungan Pemerintahan Kabupaten Minahasa.

You must be logged in to post a comment Login