Pemerintah Jokowi – Kala Targetkan Kegiatan Humanitarian di Sulteng

Jakarta,Sulutlink.com – Pemerintahan Jokowi – Kala memberikan perhatian serius dengan bergerak cepat, melakukan berbagai langkah strategis pasca peristiwa gempa Tsunami di Provinsi Sulawesi Tengah.

Bantuan untuk korban gempa Tsunami Sulteng terus mengalir dari berbgai daerah di Indonesia, bahkan sudah ada 29 negara asing dan 4 lembaga kemanusian yang menawarkan bantuan ke Indonesia.

Menteri Keuangan RI Sri Mulyani dihadapan awak media di Jakarta mengatakan, sudah ada 29 negara dan 4 lembaga kemanusian yang telah menyampaikan bersedia menyalurkan bantuan kepada Indonesia untuk mengatasi korban gempa Tsunami Suteng.

Dijelaskannya, sebagai bendahara negara dirinya juga telah mendapat informasi mengenai angka yang akan disumbangkan oleh 29 negara dan 4 lembaga kemanusian dunia.

Menurutnya, Pemerintah sekarang telah membuat mekanisme untuk bagaimana mengatur, terutama yang berbentuk uang, karena sebagaimana hasil sidang kabinet, akan diarahkan pada beberapa bulan kedepan pada pemulihan dan pembangunan kembali objek yang rusak terkena bencana Tsunami.

“Fokus tiga bulan ini sesuai dengan estimasi Wakil Presiden, adalah untuk humanitarian atau emergency ini dibutuhkan waktu tiga bulan. Makanya Presiden dan Wapres akan terus mengontrol berbagai langkah – langkah untuk kedaruratan karena fokusnya untuk menyelamatkan jiwa,”ucap Mulyani.

Dia juga mengatakan, pemerintah akan mengidentifikasi mengenai kerugian rumah dan berapa bantuan pemerintah akan diberikan kepadda pemilik rumah.

Namun untuk infrastruktur dan ekonomi maupun infrastruktur sosial seperti, sekolah dan rumah sakit akan diproritaskan berdasarkan estimasi.(JoTam)

 

 

You must be logged in to post a comment Login