Pemilu Malaysia: Menang, Mahathir Kejutkan Malaysia

Sulutlink.com. Pemilihan Umum di Malaysia membuat kejutan dan memecahkan rekor dunia. Partai oposisi Malaysia yang dipimpin oleh mantan Perdana Menteri Malaysia, Dr. Mahathir Mohamad,  menang dalam hasil poll.

Menurut Komisi Pemilihan Umum Malaysia, hasil resmi, sementara ini Oposisi memenangkan 113 kursi dari 222 kursi yang diperebutkan, sedangkan partai yang berkuasa baru mendapatkan 79 kursi, seperti yang dilansir dari situs The World News (10/05/18). Hasil ini juga menjadi bersejarah karena untuk pertama kalinya Partai National Front kalah dalam 6 dekade sejak Malaysia mendapatkan kemerdekaan dari Inggris.

Dr Mahathir Muhamad yang sudah berumur 92 tahun, nantinya akan menjadi Perdana Menteri tertua di dunia. Dengan jumlah 113 kursi, itu berarti telah mendapatkan lebih dari 50 % kursi dalam membentuk pemerintahan.  Dia sendiri sudah menjadi Perdana Menteri selama 22 tahun sampai tahun 2003.

Menurut Mahathir, dia berjanji untuk tidak akan membalas dendam lawan politik, namum dia akan menegakkan hukum dan mengadili mereka yang melanggar hukum. Dia juga berjanji untuk membebaskan Anwar Ibrahim dan memberikan jalan kepadanya untuk menjadi Perdana Menteri. (theworld/ds)

 

You must be logged in to post a comment Login