Pemkot Lakukan Penjaringan Pala, Pemabuk Tak Boleh Diakomodir

MANADO,SULUTLINK- Sudah berakhirnya kontrak kerja kepala lingkungan se-Kota Manado pada tanggal 31 Desember 2017 lalu membuat Pemerintah Kota (Pemkot) Manado dalam hal ini Walikota DR Vicky Lumentut dan Wawali Mor D Bastiaan SE telah menugaskan Panitia Seleksi dibawah pimpinan Mikler Lakat SH untuk mulai mempersiapkan seleksi calon Pala (Kepala Lingkungan) Cerdas dan Hebat masa kontrak tahun 2018. “Sekarang ini sesuai arahan Pak Walikota, kami sedang mempersiapkan tahapan seleksi kepala lingkungan untuk masa kontrak tahun 2018 ini,” jelas Asisten I bidang Pemerintahan dan Kesejahteraan Rakyat Micler CS Lakat SH MH selaku Ketua Panitia Seleksi Kepala Lingkungan (8/1/2018) siang tadi.
Menurutnya, tahapan seleksi calon kepala lingkungan dimulai dengan pendaftaran yang dibuka di kecamatan tanggal 5-10 Januari 2018 ini.

“Ada persyaratan yang harus dipenuhi para Calon Kepala Lingkungan diantaranya, berijasah mimimal SMTP (Sekolah Menengah Tingkat Pertama) dan berusia minimal 30 tahun dan maksimal 60 tahun,” ujar Lakat didampingi kepala Dinas Sosial dan Pemberdayaan Masyarakat selaku Sekretaris Panitia Drs Sammy Kaawoan serta Kepala Bagian Pemerintahan dan Hubungan Masyarakat Steven Runtuwene SSos yang juga Wakil Sekretaris Panitia.

Dikatakanya, selain persyaratan tersebut, calon kepala lingkungan harus memasukan Surat Keterangan untuk kepala lingkungan tahun 2017 harus menyertakan laporan pertanggungjawaban pelaksanaan program Pembangunan Berbasis Lingkungan (PBL) Mapalus tahun 2017 yang ditandatangani Kepala Dinas

“Camat dan Lurah berkewajiban untuk melakukan sosialisasi dengan mengumumkan pelaksanaan seleksi calon kepala lingkungan di wilayah kerja masing-masing. Dan saya sudah melayangkan surat tertanggal 4 Januari 2018 ditujukan kepada camat-camat yang isinya tentang pelaksanaan seleksi calon kepala lingkungan beserta tahapan pelaksanaan seleksi,” pungkas Lakat, seraya menegaskan akan melakukan seleksi secara ketat agar terpilih kepala lingkungan yang serius melaksanakan program Pemkot Manado dibawah kepemimpinan Walikota DR Ir GS Vicky Lumentut SH MSi DEA dan Wakil Walikota Mor Dominus Bastiaan SE. “Dalam seleksi ini kami tidak main-main. Yang tidak serius dan tidak mendukung program Pak Walikota jamgan harap akan terakomodir,” tegasnya.

Sementara itu wargapun berharap agar para Kepala Lingkungan yang terpilih nanti bukanlah orang yang malas, suka meneguk minuman berakohol dan memiliki kepribadian serta intelektual yang bagus.

” Banyak Pala tahun 2017 pang mabo kong nemau ja turun ka selokan untuk membersihkan sampah milik warga,” koar Jones dan Darul dua tokoh masyarakat Kombos Barat.

(ONAL GAMPU)

You must be logged in to post a comment Login