Pemkot Tomohon Peringati Hari Pangan Sedunia ke-38 Tahun

Sambutan Walikota Tomohon Jimmy F Eman pada Kegiatan Sosialisasi Jajanan Sehat Bagi Anak Sekolah dan Lomba Cipta Menu Tingkat Kota Tomohon

Tomohon, sulutlink.com – Saat ini marak di media sosial dan elektronik mengenai beras plastik, mie berformalin, penggunaan borax dan pewarna pakaian pada bahan makanan, termasuk juga merica palsu dan lainnya yang mengancam warga untuk memperoleh makanan sehat dan aman. Agar masyarakat dapat hidup dengan sehat dan produktif, tentunya pangan yang dikonsumsi haruslah pangan yang aman.

Melalui peringatan Hari Pangan Sedunia yang ke-38 tahun, dirangkaikan dengan sosialisasi jajanan sehat bagi anak sekolah dan lomba cipta menu tingkat Kota Tomohon bertempat di Anugerah Hall, Senin (19/11/2018) dihadiri dan dibuka langsung oleh Walikota Tomohon Jimmy Feidie Eman SE Ak.

“Pangan merupakan kebutuhan dasar manusia yang paling utama dan pemenuhannya merupakan bagian dari hak asasi manusia. UU no 18 tahun 2012 Tentang Pangan mengamanatkan pemerintah untuk memberi perlindungan kepada konsumen dan produsen akan pangan yang sehat, aman dan halal,” ulas Walikota Eman.

Dikatakannya, dengan memperhatikan hal tersebut diatas perlunya diatur lewat undang-undang yang implementasinya melalui Peraturan Pemerintah tentang keamanan pangan serta label dan iklan pangan, demikian juga peraturan pemerintah tentang mutu dan gizi pangan serta ketahanan pangan.

Sementara itu, kegiatan sosialisasi jajanan sehat bagi anak sekolah SMA/SMK di Kota Tomohon dimaksudkan untuk pengetahuan dan pemahaman para siswa dan guru tentang pangan yang sehat dan aman. Lomba cipta menu berbasis pangan lokal tingkat Kota Tomohon yang merupakan bentuk pemberdayaan pemerintah Kota Tomohon dan pada prinsipnya untuk memotivasi masyarakat agar mau mengkonsumsi makanan yang beragam, bergizi, seimbang dan aman(B2SA).

Tampak hadir Asisten Umum Ir Corry Caroles, Asisten Kesejahteraan Rakyat Drs ODS Mandagi, Ketua Dharma Wanita Kota Tomohon Dra Wihelmina Lolowang-Mince, para narasumber yaitu Kepala Bidang Keamanan Pangan Dinas Pangan Sulut Ir Daby Yunisr Nur Nerwan, Kepala Bidang Konsumsi Dinas Pangan Sulut Ir Greitje Andries, Akademisi Unsrat Dr Ir Gregoria Suhartati Djarkasi, dari Perhotelan Bapak Maikel Manoso, Kepala Dinas Pangan Kota Tomohon Dra Lili Solang MM, unsur Dinas Kesehatan Kota Tomohon Benny Purba SKM, pengurus dharma wanita Kota Tomohon, para siswa-siswi SMK/SMA dan guru serta jajaran pemerintah Kota Tomohon. (Sten’Ma61)

 

You must be logged in to post a comment Login