PEMPROV BERSAMA BALITBANGDA SULUT OPTIMALISASI NASKAH AKADEMIK RANPERDA INOVASI DAERAH

PEMPROV, Sulutlink.com – Kegiata Rapat Pembahasan Naskah Akademik Draft Perda Inovasi Daerah melalui Forum Komunikasi Penelitian Pengembangan Daerah dan Forum Komunikasi Kelitbangan Daerah menarik perhatian peserta dari Kabupaten / Kota Se- Sulut dan Instansi Vertikal Pemerntah Pusat terkait.

Dr. Rafly Pinasang, selaku penyusun Draft Perda Inovasi Daerah,  memaparkan secara garis besar atas Draft  perda tersebut guna memberi kesempatan kepada peserta untuk menyampaikan segala masukan apa-apa, apakah perlu revisi lagi draft yang sudah ada atau tinggal hanya penyempurnan.

Badan Penelitian dan Pengembangan Daerah (BALITBANGDA) Sulut,  dalam pemaparan Naskah Akademik Perda Inovasi Daerah ini,  dipandu langsung oleh Denny Tatuwo, selaku Kepala Bidang Pengembangan Inovasi dan Teknologi

Denny Tatuwo,mengemukakan jika Ranperda ini berhasil diperdakan, maka Propinsi Sulawesi Utara akan menjadi pertama di Indonesia dengan mengacu pada aturan terbaru.

Denny mengklaim, perda Inovasi Daerah terkait layanan publik, akan lebih banyak membantu masyarakat dalam berbagai proses berkaitan dengan pemerintah dan kelancaran berusaha

Saat ini banyak inovasi layanan publik yang telah dihasilkan, baik ditingkat Provinsi dan Kabupaten / Kota.  Bahkan inovasi layanan publik dari Kota Manado yang dikenal dengan Panada masuk Top 45 Nasional, sehingga Kota Manado mendapat Insentif  Rp. 9 Milyar dari Pemerintah Pusat.

Diakhir pesannya, Denny, mensupport bahwa Inovasi layanan publik bisa saja diinisiasi oleh DPRD, Kepala Daerah, Kepala SKPD, ASN dan Masyarakat. Setelah inovasi dinyatakan lolos oleh tiem penilai, kemudian dibuat SK Gubernur, Bupati/Walikota dan hasilnya inovasi tersebut menjadi milik pemerintah.

redaksi2-009 November 14 2019

You must be logged in to post a comment Login