Pemprov Gelar Workshop Pengelolaan Potensi Pulau-pulau Kecil Terluar

Pemprov, Sulutlink.com – Provinsi Sulut yang merupakan provinsi perbatasan terus memberdayakan pembangunan disegala bidang khususnya disektor Pariwisata dan Perikanan bagi Pulau-Pulau Kecil Terluar.

Sejalan dengan komitmen Nawa Cita Membangun Indonesia dari pinggiran dalam rangka memperkuat daerah-daerah dan desa kerangka negara kesatuan yang di gelorakan oleh Presiden RI Joko Widodo dan Wakil Presiden RI Jusuf Kalla, dan diimplementasikan oleh Pemerintahan Gubernur Sulut Olly Dondokambey dan Wagub Steven Kandouw (OD-SK).

Provinsi Sulut dalam proses mencapai suksesnya pembangunan tersebut, Badan Perbatasan Daerah Provinsi Sulut mengadakan Workshop Pengelolaan Potensi Pulau-pulau Kecil Terluar (PPKT).

Workshop membahas berbagai masalah dan langkah strategis yang diambil untuk mensukseskan pemberdayaan potensi pembangunan wilayah perbatasan diantaranya bidang pariwisata dan perikanan yang merupakan faktor pendukung berjalannya pembangunan di daerah khususnya wilayah perbatasan.

Kaban Perbatasan Daerah, Ir. Djemi Gagola, MSi,ME menjelaskan beberapa langkah strategis yang dilakukan untuk mengembangkan potensi pariwisata dan perikanan di wilayah perbatasan;

Pengembangan Potensi alam perikanan dan kelautan dilaksanakan di pulau terkecil yang berpenghuni dengan pengadaan kapal penampung 3 unit, penambahan kapal penangkap 30GT dan dibawah 30GT, pembangunan pabrik es mini, rehabilitasi sumber listrik dan jaringan listrik, penambahan dan pembangunan sarpras BBM, serta bantuan modal usaha bagi nelayan.

Terkait pengembangan pariwisata dan perikanan membutuhkan sinergitas, langkah strategis dengan menyelenggarakan diklat, bimtek, magang dan studi komparasi terkait pengembangan potensi wisata, bantuan modal usaha bagi masyarakat untuk membuka ruang terbuka bagi objek wisata yang ada di pulau-pulau kecil terluar.

Tentu dengan langkah-langkah strategis tersebut, diharapkan pembangunan pulau-pulau kecil terluar dapat berjalan dengan baik.

Pemerintahan OD-SK hingga saat ini tak hentinya dan terus bergerak optimis sekaligus mengajak pemerintah daerah Kabupaten/Kota untuk terus bersinergi dalam melaksanakan pembangunan pariwisata dan Perikanan agar program Nawa Cita yang dijalankan Presiden Jokowi benar-benar dapat berjalan dengan baik.

redaksi2Supit September 17 2019

You must be logged in to post a comment Login