Pemprov: PT. Djarum Siap Beli Cengkih Sulut Dengan Harga Rp. 85.000/kg

Pemprov Sulutlink.com – Gubernur Sulut Olly Dondokambey melalui Dinas Perkebunan lewat pembahaan bersama dengan pihak pembeli menyetujui serta memutuskan, bahwa cengkih yang dihasilkan oleh petani dibeli pengusaha dengan harga Rp 85.000 /kg, dengan kategori kadar airnya 13 persen dan kadar kotor 3 persen.  

Kata Kepala Dinas Perkebunan Propinsi Sulut Ir. Refly Ngantung melalui wawancara wartawan pos dewan usai hearing dengan Komisi II DPRD Sulut bar-baru ini.

Ngantung, menjelaskan keputusan tersebut sudah mendapat jaminan dari pihak pengusaha setelah melalui pembahasan bersama antara Pemprov dengan pengusaha dalam hal ini PT Djarum. Sedangkan mekanisme teknis pembelian tersebut dilakukan di kantor Ranomut dan Winangun.

“Memang beberapa waktu lalu kami telah melakukan pertemuan dengan pihak pengusaha dalam hal ini PT Djarum, telah disepakati dimana pengusaha akan membeli cengkih dari petani dengan harga Rp. 85.000 /kilo gram, tapi dengan kualitas cengkih kadar air 13 persen dan kotor 3 persen,”ungkap Ngantung.

Ngantung lanjut, menjelaskan untuk tahun ini ada panen raya dan diperkirakan kontribusi untuk Sulut tahun ini sebesar 15.000 ton.

“Periode panen tahun ini paling besar yaitu sekitar 15.000 ton, dan ini bertahap tidak sekaligus, Kalau cuma 15.000 itu kecil, kita berdoa dan berharap semoga bisa diserap semua, tergantung kapasitas gudang juga apa bisa menampung produksi cengkeh dari masyarakat,” tutur Ngantung.

Sementara itu, Ketua Komisi II DPRD, Cindy Wurangian sangat mendukung langkah Pemprov dan pihak pembeli setuju memutuskan pembelian dari pihak pengusaha ini dan berharap harga yang sudah ditetapkan bersama tetap konsisten.

“Kita berharap harga tersebut konsisten, jangan hanya manis di mulut saja atau kata lain surga telinga untuk para petani. Ini langkah baik, kami DPRD sangat mendukung,” Pungkas Cindy Wurangian.

Redaksi2Supit July 10 2019

You must be logged in to post a comment Login