Pemprov Sulut Dan Unsrat Bangun Kerja Sama Penelitian North Sulawesi Marine Education Center

Manado, Sulutlink.com – Pemprov Sulut dan Universitas Sam Ratulangi (Unsrat) membangun kerja sama di bidang penelitian kelautan dan pariwisata.

Wakil Rektor I Unsrat, Revo Gerung menjelaskan, kerja sama antara Pemprov Sulut dan Unsrat dalam hal pengembangan fasilitas penelitian kelautan dan pariwisata yang dinamai North Sulawesi Marine Education Center.

Revo Gerung menambahkan, lokasi pengembangan fasilitas penelitian tersebut berada di wilayah Likupang dengan luas lahan sekitar 16 hektar.

Menurutnya, lahan tersebut dulunya milik Pemprov Sulut dan kemudian dihibahkan ke Unsrat untuk dijadikan laboratorium dan warehouse pembenihan ikan Fakultas Perikanan Unsrat.

Namun sayangnya saat krisis ekonomi waktu lalu, Fakultas Perikanan Unsrat tidak mampu lagi membiayai fasilitas itu sejak tahun 2000 sehingga pada akhirnya dibiarkan.

Ditambahkannya, sejalan dengan rencana dari Gubernur Sulut Olly Dondokambey yang berkeinginan menjadikan Likupang sebagai lokasi Kawasan Ekonomi Khusus (KEK) Pariwisata maka fasilitas tersebut dikembangkan lagi.

Selain pembenahan di fasilitas tersebut, sekarang ini sedang dikembangkan marine kulture, budidaya terumbu karang, pembibitan ikan dan udang bantuan dari Dinas Kelautan Perikanan Sulut.

Kedepan akan dibangun ecotorusim mangrove, pengembangan mutiara, konservasi penyu, watter sport dan dive center.

Dilokasi tersebut sekarang ini banyak dikunjungi pengunjung menikmati laut dan sering pula dijadikan tempat untuk beribadah padang, karena memang lokasinya tersebut berada di tepi pantai.

Melalui JICA, salah satu Badan Kerja Sama Internasional Jepang, proyek Marine Education Center menjadi salah satu kegiatan yang diajukan permohonan dananya. (JoTam)

You must be logged in to post a comment Login