PEMPROV SULUT HARAP PERBANKAN TINGKATKAN PORSI KREDIT KEPADA IKM

Manado, Sulutlink.com – Pemerintah Provinsi Sulawesi Utara (Sulut) mengharapkan sektor perbankan dapat meningkatkan porsi penyaluran kredit kepada Industri Kecil Menengah (IKM) di tahun 2020.

“Tahun-tahun sebelumnya, perbankan telah memberikan pembiayaan pada IKM. Namun kami berharap tahun ini akan lebih besar lagi, sehingga produksi semakin banyak,” kata Kepala Dinas Perindustrian dan Perdagangan Sulut Edwin Kindangen di Manado, Selasa.

Menurut Edwin, semakin sering dunia perbankan memberikan porsi kredit yang lebih besar kepada IKM di Sulut, maka kegiatan usaha dapat semakin meningkat.

Saat ini, tambah dia, masih banyak IKM yang datang menyampaikan keluhan, bahwa mereka susah mendapatkan pinjaman dari bank.

“Ada banyak sekali produk yang dikeluarkan perbankan, namun belum sepenuhnya menyentuh sektor riil,” katanya.

Oleh karena itu, ia mengharapkan sektor perbankan lebih melirik IKM, apalagi sebagian besar pelaku usaha kecil dan menengah ini merupakan binaan pemerintah.

Dalam kesempatan berbeda, Kepala Kantor Bank Indonesia (BI) Perwakilan Sulut Arbonas Hutabarat mengatakan pihaknya ikut mengimbau agar perbankan lebih memperhatikan sektor riil.

“Karena tanpa IKM, perbankan juga tidak bisa bertahan,” jelasnya.

Ia memastikan BI akan terus mendorong agar pembiayaan ke sektor produktif terus mengalami kenaikan, agar perekonomian di Sulut semakin berkualitas.

(ANT/Ryn)

You must be logged in to post a comment Login