Pemprov Sulut-Pemkab Sangihe Dukung Revitalisasi Kain Koffo

 

Sangihe,  Sulutlink.   Setelah mendapat lampu hijau dari Gubernur Sulawesi Utara Olly Dondokambey, SE untuk merevitalisasi kain tenun koffo asal Kabupaten Sangihe yang hampir punah, pendiri COFO Cindy Wowor SE, MM melakukan pertemuan dengan Pemkab Sangihe di Tahuna, Selasa (21/11/2017) siang.

Kedatangan Cindy diterima langsung oleh Bupati Jabes Gaghana SH. Pada pertemuan itu Pemkab Sangihe menyatakan dukungan sepenuhnya kepada Cindy Wowor untuk merevitalisasi kembali kain tenunan Koffo yang sempat punah melalui pengembangan dan pelestarian dengan menggunakan bahan kapas dan modern lainnya dengan mempertahankan ragam hias asli Koffo serta modifikasi baru yang di kembangkan sebagaimana asli pada masa lalu.

“Pemerintah Kabupaten Sangihe memberikan suport dan dukungan sepenuhnya kepada Cindy Wowor untuk melakukan revitalisasi kembali kain tenunan Koffo apalagi kain tenunan Koffo sudah merupakan salah satu dari 33 kain tradisional yang telah diakui Pemerintah sebagai Kekayaan Warisan Budaya Tak Benda dan penetapannya melalui Keputusan Menteri Pendidikan dan Budaya RI ” kata Gaghana.

“Berkenaan dengan hal itu, saya mintakan kepada Dinas Parawisata, Dinas Perindustrian dan Perdagangan serta Dinas Pertanian untuk kiranya dapat membuat program tahun 2018 agar mendukung upaya2 revitalisasi kembali dan kalau bisa juga ada program menjadikan salah satu desa di Kabupaten Sangihe sebagai Sentra Produksi Tenunan Kain Koffo,” tambahnya.

Diketahui, Sentra Produksi Kain Tenunan Koffo di Kabupaten Kepulauan Sangihe nantinya akan dioptimalkan untuk meningkatkan kembali budaya tenunan kain koffo dari masyarakat serta dapat juga meningkatkan kesejahteraan masyarakat disamping itu juga desa tersebut akan menjadi salah satu destinasi parawisata di daerah.

Menanggapi dukungan itu, Cindy Wowor mengapresiasinya. Dia menjelaskan rencana COFO untuk mendirikan sentra produksi tenunan kain koffo di Sangihe.

“Terima kasih atas dukungan dari Pemerintah Kabupaten Sangihe untuk merevitalisasi kain tenunan Koffo, apalagi ini disampaikan langsung Bapak Bupati Sangihe kepada para pejabat di Pemkab Sangihe. Terkait dengan rencana Pemkab Sangihe untuk membuka sentra produksi tenunan kain koffo, itu juga sudah menjadi program dari COFO karena rencananya pada tahun depan kami akan mendirikan Sentra Produksi Tenunan Kain Koffo yang rencananya di Desa Lenganeng Kecamatan Tabukan Utara” kata Cindy Wowor.

Pertemuan itu turut dihadiri Sekdakab Sangihe Edwin Roring, SE, M.Si dan para pejabat Eselon di lingkungan Pemkab Sangihe. (jansen)

You must be logged in to post a comment Login