Penyebab Kanker : Kekurangan Vitamin D Lebih Bahaya Daripada Merokok

Manado, Sulutlink.com – Ternyata, fakta ini yang benar. Lebih berbahaya rendahnya kadar Vitamin D di dalam darah, ketimbang perilaku Merokok. “Rokok menyebabkan kanker itu sekitar 30 persen. Pada kanker, terkait dengan rokok sebagai penyebabnya. Tapi coba kita lihat. Kira-kira berapa persen orang yang kurang Vitamin D terjadi kanker? Ada 35 persen”, kata Dr. Grace Legoh Sp.PK berkenaan dengan lebih besar potensi terjadinya kanker karena Vitamin D yang kurang, daripada merokok.

“Kita boleh tidak merokok, tapi kalau kita kurang vitamin D, tidak pernah kena sinar matahari kita bisa mendapat penyakit kanker. Kadar vitamin D yang cukup lebih besar mencegah kanker daripada tidak merokok”. Katanya lagi, persis dengan Riset yang dilakukan Institut Kanker Nasional, America Tahun 2005 bahwa pada dosis yang tepat dan jam yang tepat, dapat meningkatkan daya tahan terhadap kanker kulit seperti Melanoma.

Yang paling memiriskan adalah kenyataan dalam penelitian lain, bahwa sebagian besar warga masyarakat Indonesia kurang Vitamin D. Malah menurut Legoh lagi, Universitas Gadjah Mada (UGM) pernah melakukan penelitian terhadap anak-anak, dan didapati bahwa 100 Persen Subjek Peneliatian itu mengalami kekurangan Vitamin D dalam darah. Karenanya tidak heran, banyak orang yang bawaannya murung, sebab kurang terpapar sinar matahari.

Selain Vitamin D, sinar matahari juga dapat memicul otak memproduksi hormone Serotonin yang berdampak pada rasa bahagia. Dengan Serotonin tinggi mudah untuk mengekspresikan sikap menyayangi dan mood yang baik. Kanker bisa dicegah dengan  istirahat, diet dan sinra matahari. Begitu juga, kepikunan bukan saja diakibatkan karena istirahat yang tidak baik dan pola makan butuk, tapi juga karena kurangnya kulit terkena sinar matahari.

“Jika turut 10 Hukum Kesehatan tidak perlu suplemen”, tutur wanita yang bersama suaminya Dr. Alvin Rantung, Sp.KFR, jadi berkat sebagai pembicara di acara KKR ‘Rahasia Hidup Sehat dan Kebahagiaan Sejati’ di Gedung Mapalus Kantor Gubernur Sulawesi Utara sampai besok (Jumat, 5/4). Ketua Pria Advent Kota Manado Jani Lukas, S.Pi., M.Si sangat bangga, kegiatan yang digulir GMAHK Konferens Manado dan Provinsi Maluku Utara ini sukses mendatangkan kedua tenaga Medis dari Rumah Sakit Advent Bandung itu, sebagai Pembicara.

red007

You must be logged in to post a comment Login