Perencanaan Itu Harus Menjawab Tantangan, Kadiskes Sulut Harap Semua Berpacu

– Kepala Dinas Kesehatan (Kadiskes) Daerah Provinsi Sulawesi Utara Dr. Debie K. R. Kalalo, M.Sc.PH, berharap semua penanggung jawab e-planning di Bagian Perencanaan dan Program setiap Dinas Kesehatan Kabupaten/Kota dan Rumah Sakit di Seluruh wilayah Sulut, harus berpacu untuk membuat menyusun perencanaan secara elektronik.

 

Harapan itu mengemuka ketika menutup kegiatan Pertemuan Perencanaan Program Yankes 2019, yang berlangsung di Manado, sejak 31 Maret 2019 sampai Hari ini, Selasa, 2 April 2019. Kegiatan Rapat Perencanaan Program Pelayanan Kesehatan Berbasis Elektronik itu bertujuan agar perencanaan lebih akuntabel dan lebih mudah dipertanggungjawabkan. Sebab, sejak dalam proses penyusunannya telah mempertimbangkan pemanfaatan aset-aset yang telah dimilki selama ini, baik berupa SDM, alat kesehatan, maupun sarana prasarana lainnya, serta pencapaian kegiatan pada tahun sebelumnya.

 

Perencanaan yang baik, akan tercapai jika 9 indikator ini menjadi landasannya. Perencanaan itu sejatinya menjawab tantangan yang ada. Tidak itu saja, tapi harus Sesuai Kebutuhan, Cukup, Prioritas Daerah Terpencil, Melibatkan semua tingkatan Pemerintah, Mudah dilaksanakan dan murah, Sumber dana jelas, Integritas dan Tersistem. Perencanaan dari RSUD Prov. Sulut hadir full team dalam kegiatan itu. “Sangat membantu”, ungkap salah satu peserta kegiatan kepada Sulutlink.com.

 

 

You must be logged in to post a comment Login