Pertarungan Makin Sengit di Junior U26, 8 Pasangan Berpeluang Lolos

Oleh : Bert Toar Polii – Humas PB GABSI

Menyisakan 3 session besok, pertarungan di Seleknas Junior U26 yang sementara berlangsung di Gedung Bridge Centre Bulungan, Jakarta Selatan semakin sengit. 8 dari 10 pasangan peserta final masih mungkin saling menggantikan untuk lolos ke Pelatnas.

Setelah menyelesaikan 15 session babak final dari rencana 18 session, pasangan campuran Hendrik Febriyanto & Elsya Saktia Ningtias dari Jatim terus memimpin di tempat teratas.

Hendrik Febriyanto adalah anggota tim nasional Junior U26 yang berlaga di 17th World Youth Team Championship 2017 di Wuijang, China. Ia berpasangan dengan Mohammad Shahbana Satriawan . Sekarang Mohammad Shahbana Satriawan bermain bersama Gatra Wiradika Aprilian. Elsya Saktia Ningtias adalah juga anggota timnas Girls U26 yang mewakli Indonesia di dua World Youth Team Championships, yaitu tahun 2016 di Salsomagiore dan 2017 di Wujiang, China. Di kedua event ini ia berpasangan dengan Fortina Mora Sibuea. Sekarang Fortina Mora Sibuea berpasangan dengan Villa Rosa pemain yang juga sarat pengalaman karena sudah malang melintang di timnas sejak masih bermain di Youngster. Villa Rosa biasa berpasangan dengan Yessy Grasela yang sekarang berhalangan hadir karena tidak bisa meninggalkan pekerjaannya. Hebatnya walaupun mereka berdua berpisah tapi yang satu menjadi nomor sati di Junior U26 dan yang satu lagi peringkat 1 di Girls U26 yang sudah hampir tidak tergoyahkan.

Ditempat kedua tetap bertahan pasangan Vichenzo Scyvo Alexander Nelwan & Jordy Hris Moleong dari Manado. Vichenzo Scyvo Alexander Nelwan juga sudah menjadi tim nasional tahun 2017 di Seoul, Korea tapi masih di youngster U21 berpasangan dengan Patrick Kalengkongan. Jordy Hristo Moleong memang belum pernah ikut tim nasional tapi ia sudah mengikuti Seleknas 2016 berpasangan dengan Briand Rombon.

Di peringkat ketiga tetap bertahan Thedy Setiawan-Fajar Pangestu Kalbar. Thedy Setiawan juga sudah malang melintang di berbagai Kejuaraan Junior. Sebelumnya ia berpasangan dengan Henky CG.

Ditempat keempat diduduki oleh Moch. Ginggy Syaiful Aziz-Zona Prayogo Jatim yang melejit dari peringkat 8 sehari sebelumnya.

Moch. Ginggy Syaiful Aziz-Zona Prayogo naik ke peringkat 4 berkat kemenangan mereka atas saingan mereka pasangan Muhammad Wisolus Sholihin & Muhammad Setyo S asal Jatim di session ke 4 dan session 5 menang lagi Muhammad Hasyimi-Stefanus Endras Wijayanto Jatim.

Di tempat kelima tampil pasangan kuda hitam dari DKI, Muhammad Algifari-Junio Alfaro Benard Raranta disusul peringkat 6 pasangan Muhammad Wisolus Sholihin & Muhammad Setyo S asal Jatim yang sepertinya mulai bangkit.

Ditempat ketujuh, Muhammad Hasyimi-Stefanus Endras Wijayanto Jatim yang turun dari peringkat 4 Di tempat kedelapan tampil Muhammad Efriyansyah-M Ibnu Idris Sumsel.
Sampai dengan session ke 15, tinggal 8 pasangan berpeluang untuk lolos ke Pelatnas, sepertinya pasangan peringkat 9 dan 10 sudah tertutup peluang untuk masuk 4 besar. Mari kita nantikan pertarungan di 3 session terakhir yang akan berlangsung besok tanggal 15 Februari 2019.

Pertarungan besok akan berhadapan di session 7, Muhammad Efriyansyah-M Ibnu Idris Sumsel vs Elsya Saktia Ningtias-Hendrik Febriyanto dan Vichenzo Scyvo Alexander Nelwan-Jordy Hristo Moleong Sulut vs Muhammad Algifari-Junio Alfaro Benard Raranta, Muhammad Wisolus Sholihin -Muhammad Setyo Santoso Jatim vs Thedy Setiawan-Fajar Pangestu, Muhammad Hasyimi-Stefanus Endras Wijayanto akan berhadapan dengan lawan yang sedikit lebih ringan diatas kertas Gatra Wiradika Aprilian-Mohammad Shahbana Satriawan. Moch. Ginggy Syaiful Aziz-Zona Prayogo juga akan melawan peringkat terakhir Intan Yusniasary-Anggoro Widyapuji Putro D.

Di session ke 8 akan berhadapan Elsya Saktia Ningtias-Hendrik Febriyanto vs Muhammad Wisolus Sholihin -Muhammad Setyo Santoso, Vichenzo Scyvo Alexander Nelwan-Jordy Hristo Moleong Sulut vs Moch. Ginggy Syaiful Aziz-Zona Prayogo, Muhammad Hasyimi-Stefanus Endras Wijayanto vs Muhammad Efriyansyah-M Ibnu Idris Sumsel, Muhammad Algifari-Junio Alfaro Benard Raranta vs Gatra Wiradika Aprilian-Mohammad Shahbana Satriawan. Thedy Setiawan-Fajar Pangestu vs Intan Yusniasary-Anggoro Widyapuji Putro D.
Session terakhir makin seru karena peringkat 1 akan berhadapan dengan peringkat 2, 3 vs 4 dan seterusnya.

Hasil selengkapnya :
1 1 Elsya Saktia Ningtias-Hendrik Febriyanto Jatim 300.98750
2 2 Vichenzo Scyvo Alexander Nelwan-Jordy Hristo Moleong Sulut 294.77125
3 7 Thedy Setiawan-Fajar Pangestu Kalbar 278.49438
4 5 Moch. Ginggy Syaiful Aziz-Zona Prayogo Jatim 271.56063
5 6 Muhammad Algifari-Junio Alfaro Benard Raranta DKI 270.32625
6 3 Muhammad Wisolus Sholihin -Muhammad Setyo Santoso Jatim 269.11375
7 8 Muhammad Hasyimi-Stefanus Endras Wijayanto Jatim 267.15563
8 4 Muhammad Efriyansyah-M Ibnu Idris Sumsel 262.68375
9 9 Gatra Wiradika Aprilian-Mohammad Shahbana Satriawan Jatim 226.94000
10 10 Intan Yusniasary-Anggoro Widyapuji Putro DKI 226.19500

Sesudah peringka ada angka, angka itu menunjukan nomor pasangan sehingga siapa yang akan berhadapan di session terakhir langsung ketahuan. Melihat skema pertandingan di session terakhir maka untuk lolos ke Pelatnas tergantung hasil yang diraih oleh pasangan sendiri pada 3 session terakhir.

Fortina Mora Sibuea & Villa Rosa & Fransisca Tri Martanti & Monica Ayu Triana Lolos Ke Pelatnas

Pertarungan di Girls U26 tidak sesengit di Junior U26 karena setelah menyelesaikan 15 session dari rencana 18 session babak final, pasangan baru Fortina Mora Sibuea & Villa Rosa asal Jabar dan pasangan Fransisca Tri Martanti & Monica Ayu Triana asal Jateng sudah tidak tergoyahkan ditempat teratas. Kedua pasangan ini sudah tidak tergoyahkan untuk lolos ke Pelatnas.

Kedua pasangan yang sarat pengalaman internasional ini terus memimpin dan meninggalkan saingan-saingannya dengan perbedaan yang cukup menyolok.
Sementara di peringkat ketiga juga tampil pasangan yang cukup berpengalaman internasional Rachma Shaumi & Roro Joffani Tungga Dewi asal Jabar .
Melihat perbedaan angka yang mencapai sekitar 30 VP antara peringkat 4 dan lima maka hanya keajaiban yang bisa menggagalkan 4 pasangan teratas untuk lolos ke babak final.

Hasil selengkapnya finalis Girls U26 :
1 1 Fortina Mora Sibuea-Villa Rosa Jabar 358.6100
2 2 Fransisca Tri Martanti-Monica Ayu Triana Jateng 342.2400
3 3 Rachma Shaumi -Roro Joffani Tungga Dewi Jabar 287.0500
4.4 Eliza Indriani-Atika Ramadhanty Adisurya DKI 277.3888
5 5 Ramadanti Nurkarimah-Fanny Misfa Jessy Banten 247.8738
6 8 Cindy Melati Sukma-Binuri Ayu Dwiarni Jatim 244.4100
7 6 Azaria Elvinarosa-Diana Aulia Rahma Jatim 235.4563
8 7 Dewi Anggraeni-Ainul Kiromah Jatim 227.5475
9 9 Nurul Istiningrum-Esti Nur Sawitri DIY 194.3563
10 10 Reni Anggita-‘Aisyah Baratut Taqiyah Banten 166.6925

PB GABSI GELAR SELEKNAS OPEN, LADIES & MIXED

Selanjutnya untuk menghadapi 52nd APBF Championship 2019 yang akan berlangsung di Hotel York, Singapura, PB GABSI akan menggelar Seleksi Nasional untuk pembentukan tim Open, Ladies dan Mixed Team.

Seleksi akan digelar pada tanggal pada tanggal 2-11 Maret 2019 bertempat di Bridge Centre Bulungan atau Wisma PKBI yang berdekatan tempatnya.
Seleksi bersifat terbuka dan pendaftaran akan ditutup pada tanggal 25 Februari 2019. Pendaftaran ke icbastaff@gmail.com, hendra_raillis@yahoo.com, syahrial.ali@gmail.com.
Pendaftaran ini bersifat terbuka dan peserta menanggung semua biaya kecuali makan siang dan malam selama seleksi ditanggung PB Gabsi.
Bagi 10 pasangan yang lolos ke babak final, PB Gabsi akan menyediakan akomodasi, makan siang dan malam.

Khusus 4 pasangan yang lolos pelatnas, PB Gabsi akan mengganti biaya perjalanan dengan menyerahkan boarding pass dan invoice pembelian tiket.
Babak penyisihan akan berlangsung 2-6 Maret dan babak final 7-11 Maret 2019.

You must be logged in to post a comment Login