Pesan Bupati JS Pada Pelantikan 14 Plt Hukum Tua di Kecamatan Belang

Mitra. Sulutlink.com. Menjadi Penjabat Hukum Tua jangan hanya sekedar menjabat tapi harus mempunyai rasa tanggung jawab. Demikian dikatakan Bupati Minahasa Tenggara (Mitra) James Sumendap SH, dihadapan para Penjabat Hukum Tua di Kecamatan Belang yang baru dilantik Wakil Bupati Mitra Drs Jocke JO Legi, bertempat lapangan Amor Belang, Jumat (08/02) sore.

“Jabatan itu bukan juga soal waktu atau berapa lama saudara menjabat, karena soal waktu itu sama kualitasnya. Yang diukur adalah sejauh mana perbuatan saudara ketika melayani masyarakat, bagaimana saudara memberi diri dalam pelayanan masyarakat,” tandas Bupati Sumendap.

Lanjut pesan JS, jangan pernah merasa minder karena hanya Penjabat dan bukan pilihan langsung rakyat, sebab Penjabat punya wewenang yang sama dengan Hukum Tua definitif pilihan rakyat.

“Jangan pernah merasa diri saya hanya Penjabat. Anda memiliki kewenangan dan kekuasaan penuh mengambil kebijakan di Desa. Hukum Tua adalah Ketua Adat, sebagai suatu kearifan lokal adalah tetua adat sebagai pengambil keputusan. Kalau perangkat dan BPD tak sejalan silahkan dipecat,”

Sumendap kemudian meminta kepada Penjabat Hukum Tua yang berasal dari Aparatur Sipil Negara (ASN) ini agar membuktikan diri kepada masyarakat bahwa ASN punya integritas yang luar biasa dan dedikasi yang tinggi untuk membangun daerah.

“Lambang Garuda di dada anda yang membuat anda berada ditengah tengah masyarakat, ditengah tengah persoalan masyarakat, dan Garuda di dada anda menunjukan bahwa pemerintah ada di tengah-tengah masyarakat. Jangan mengambil apa yang bukan menjadi milikmu karena itu tidak akan menjadi berkah bagimu. Tunduklah pada pimpinan dan kerjakan semua yang menjadi program pemerintah dalam membangun dan mensejahterakan masyarakat,” pungkasnya.

Acara ini diawali dengan pembacaan Surat Keputusan Bupati Mitra nomor 49 tahun 2019, tentang pengangkatan Penjabat Hukum Tua, yakni Hukum Tua Mangkit Ferdy Kawahe, Malompar Timur Sutarni Ilolu SE, Belang Djamil Henur, Watulaney Tengah Anie Pandaleke, Buku Chairul Umar SE, Watuliney Melly Ruata SPd, Watulaney Indah Silvana Mandolang SH, Tababo Agusalim Sineke SPd, Tababo Selatan Jasman Puili, Beringin Suriadi Ilolu, Malompar Darwin Puili, Ponosakan Belang Rudi Tolas, Buku Tengah Eldat Adisulung, Ponosakan Indah Rizaly Andaria SIK, Borgo Satu Edy Subagyo.

(Rusli.m)

You must be logged in to post a comment Login