Petani Teladan Usulkan Pemakaian Mobil Damkar Atasi Ancaman Musim Kemarau

Minsel, Sulutlink.com – Musim kemarau yang melanda sebagian besar wilayah di Indonesia termasuk Kabupaten Minahasa Selatan, telah menjadi ancaman bagi para petani.

Sammy Karokaro petani teladan asal Minsel saat ditemui awak media di Dinas Pertanian Minsel mengatakan, pemanfaatan mobil pemadam kebakaran dan pompa air, adalah salah satu solusi dalam mengatasi kekeringan diarea lahan pertanian.

“Atasi ancaman kekeringan dilahan pertanian yaitu dengan memanfaatkan penggunaan mobil damkar dan pompa air. Kalau area pertaniannya dekat sungai, bisa pakai pompa air dan yang jauh sungai, solusinya kalau diijinkan Pemerintah, petani bisa memanfaatkan mobil damkar,”ujar Karokaro.

Samy Karokaro juga mengingatkan, dalam pinjam pakai kendaraan damkar untuk penyiraman area lahan pertanian, agar petani dapat memperhatikan pengisian bahan bakar kendaraan tersebut.

Dia menambahkan, tidak ada yang gratis dalam penggunaan damkar, artinya Pemerintah hanya sekedar membantu dan petani harus tanggap dalam berpikir serta bertindak. (JoTam)

You must be logged in to post a comment Login