PISEW Buka Akses Jalan Penghubung Antar Desa

Hukum Tua Wuwuk Barat

Minsel, Sulutlink.com – Kabupaten Minahasa Selatan di tahun 2017 ini, mendapatkan bantuan dari Dirjen Cipta Karya Kementerian PUPR – RI melalui program PISEW (Pengembangan Infrastruktur Sosial Ekonomi Wilayah).

Untuk wilayah Kabupaten Minsel, Kecamatan Tareran adalah satu – satunya Kecamatan yang ditetapkan sebagai penerima bantuan program PISEW, melalui pembangunan infrastruktur perhubungan/ transportasi.

TPK Kabupaten program PISEW Ester Karundeng saat dimintai konfirmasi jumat (4/8/2017) mengatakan, untuk Kecamatan Tareran telah ditetapkan kegiatan pembangunan Infrastruktur jalan perhubungan/ transportasi (perintisan dan pengerasan) sepanjang 3,6 Km, yang menghubungkan Desa Lapi Barat dan Desa Wuwuk Barat.

Ditambahkannya, pelaksanaan program PISEW di Kecamatan Tareran bertujuan, meningkatkan pengembangan sosial ekonomi wilayah berbasis pada potensi sumber daya lokal, untuk mengurangi kesenjangan antar wilayah , melalui pembangunan infrastruktur wilayah dalam rangka meningkatkan kesejahteraan sosial masyarakat.

“Pelaku kegiatan adalah kelompok masyarakat yang berbadan hukum dan untuk program PISEW di Kecamatan Tareran pelaksana kegiatan dikerjakan oleh BKAD (Badan Kerjasama Antar Desa) yang didalamnya beranggotakan para hukum Tua,”ujar Karundeng.

Disisi lain Hence Oroh Ketua BKAD Kecamatan Tareran yang juga adalah Hukum Tua Desa Wuwuk ketika dimintai konfirmasi mengatakan, dengan akan dilakukan pembangunan jalan rintisan melalui program PISEW, maka desa – desa yang ada di Kecamatan Tareran akan saling terhubung dan otomatis berdampak positif bagi masyarakat dalam memasarkan hasil pertaniannya.

Sementara itu Hukum Tua Desa Wuwuk Barat Jantje Iroth saat dimintai konfirmasi mengatakan menyambut baik akan program PISEW tersebut.

Menurut dia, Desa Wuwuk Barat dan Desa Lapi Barat merasa diuntungkan sekali dengan masuknya program PISEW, yang dalam kegiatannya melakukan pembangunan rintisan dan pengerasan jalan penghubung antar desa.(JoTam)

You must be logged in to post a comment Login