PNBP Pelabuhan Amurang Sampai Triwulan III Tahun 2017 Masuk Rp 4 Miliar

Minsel,Sulutlink.com – Penerimaan Negara Bukan Pajak (PNBP) di Pelabuhan Amurang sampai dengan triwulan ketiga di tahun 2017,telah masuk kisaran kurang lebih Rp 4 miliar.

Kepala Kantor Unit Penyelenggara Pelabuhan Kelas III Amurang Eidy Jafar ketika dimintai konfirmasi mengatakan, Dirjen Perhubungan Laut (Hubla)Kementerian Perhubungan RI telah menargetkan untuk tahun 2017,PNBP di Pelabuhan Amurang sebesar Rp 900 juta.

Dia menambahkan bahwa dari target tersebut, tercatat sampai bulan September 2017 atau di triwulan III, justru Penerimaan Negara Bukan Pajak (PNBP) di Pelabuhan Amurang telah mencapai kisaran kurang lebih Rp 4 miliaran.

“Penyumbang terbesar pada PNBP di Pelabuhan Amurang, datang dari kegiatan di PLTU (Pembangkit Listrik Tenaga Uap) Amurang dan PT Carggil Indonesia – Amurang,”ujar Jafar.

Lebih lanjut Eidy Jafar menjelaskan, hasil PNBP tersebut berasal dari semua aktifitas kapal yang memanfaatkan dermaga umum yang ada di Kabupaten Minahasa Selatan dan Kabupaten Minahasa Tenggara (Belang).

Dijelaskan pula oleh Eidy Jafar, kenaikan yang segnifikan atas Penerimaan Negara Bukan Pajak (PNBP) di Pelabuhan Amurang, dipengaruhi oleh adanya kegiatan pembangunan pabrik semen PT Conch di Kabupaten Bolaang Mongondow, yang memanfaatkan pelabuhan Amurang.

Disisi lain Maxi Poluakan Kepala Sub BagianTata Usaha di Kantor Unit Penyelenggara Pelabuhan Kelas III Amurang menambahkan, untuk Penerimaan Negara Bukan Pajak (PNBP) pada kapal asing lebih besar biayanya dari kapal dalam negeri.(JoTam)

You must be logged in to post a comment Login