PPT TONDANO KENANG DUA PENDIRINYA

Oleh : Bert Toar Polii

Atas insiatif Irjen Pol. Carlo Tewu yang merupakan pendiri Perkumpulan Pemuda Tondano (PPT) di Jakarta tahun 90an, pada hari Minggu tanggal 1 Septembr 2019 telah digelar acara Ibadah Syukur mengenang sahabat Alm. Fenny Mamahit – Wakary dan Alm. Vivi Loeffen Bojoh di RARAMPA restoran Jakarta.

Kedua almarhumah yang meninggal di Belanda pada waktu yang berdekatan pertengahan Agustus 2019 adalah juga pendiri PPT.

Dengan tema “Leave all you worries to Him, because He is looking after you” komunitas orang Tondano di Jakata mengadakan Ibadah Syukur untuk mengenang kedua almarhumah yang walalupun sudah lama menetap di Belanda mereka tidak melupakan kampong kelahiran mereka Tondano.

Di Belanda. kedua almarhumah ini aktif sebagai bendahara dan sekretaris Laston atau pekumpulan orang Tondano yang telah menetap di Belanda.

Kedua figur yang sangat ramah ini memang sulit dilupakan oleh teman-temanya baik yang ada di Jakarta, Manado bahkan di manca negara. Keaktifan mereka dalam berbagai kegiatan kawanua baik di Manado, Jakarta dan Belanda membuat mereka mempunyai banyak teman di manca negara. Itu telihat di facebook dimana ucapan duka cita dari bebagai penjuru dunia muncul untuk mereka berdua selama hampir seminggu.

Hadir di acara ini tokoh senior dari Tondano, antara lain, Rudolf Warouw, Dolfie Rondonuwu dan Harry Montolalu juga hadir Mayjend Oddy Supit dan George Supit yang sekarang menjabat Aster Kasad.

“Perkumpulan Pemuda Tondano” (PPT) adalah suatu Organisasi Pemuda Daerah yang bersifat Sosial dan TIDAK merupakan bagian dari organisasi Politik manapun. Organisasi ini bertujuan untuk Menggali, Mengembangkan & Melestarikan nilai-nilai Budaya di Minahasa (saat PPT terbentuk tgl. 13 Mei 1990, dimana pada waktu itu Minahasa masih Satu dan Ibukotanya Tondano), serta menciptakan wadah sebagai Sarana/Forum Komunikasi antara orang-orang asal Tondano & sekitarnya di Jakata serta menjalin hubungan yang baik ke organisasi lain yang tidak bertentangan dengan AD/ART PPT.

PPT juga membina dan mengembangkan potensi yang ada demi kepentingan pemuda asal Minahasa yang Ahli, Trampil, Bertanggung Jawab & Jujur yang mencerminkan perilaku yang baik dan bertaqwa kepada Tuhan YME.

PPT dibentuk oleh orang-orang asal Tondano & sekitarnya dan untuk orang yang asal Tondano & sekitarnya yang Berjiwa Muda.

Saat ini PPT dipimpin oleh Joula Laiwa. Carlo Tewu memang selama ini terkenal sangat peduli dengan “tana kinatouna” Minahasa terutama jika sudah menyangkut budaya dan parawisata. Gagasannya tentang pusat parawisata di Minawanua ternyata sekarang sudah mulai terwujud.

Penulis juga mengalami ketika melaporkan tentang penyelenggaraan Lomba Pidato Bahasa Tondano di kalangan pelajar, ia langsung mendukung dan bahkan meminta untuk ditingkatkan bagi umum di tahun 2019 ini.

Berhubung pada acara ini banyak hadir dari Alumni SMANTO 170 Tondano, disampaikan juga rencana pertemuan Alumni SMANTO 170 di Jakata pada tanggal 13 Oktober 2019 pukul 13.30. Bagi yang berminat silahkan menghubungi : Dicky Wagey 08129000801, Patris Rumbayan Giono 08778266262 dan Bert Toar Polii 08159522409

You must be logged in to post a comment Login