Prospek BUMDes Terhadap Perkembangan Destinasi Pariwisata Sulut

Manado,Sulutlink.com- Dinas Pariwisata Daerah Provinsi Sulawesi Utara terus berupaya meningkatkan pengembangan destinasi Pariwisata daerah, dengan mendorong potensi pemanfaatan Dana Desa (Dandes) yang dikelola oleh Pemerintah Desa melalui Badan Usaha Milik Desa (BUMDes).

Kepala Dinas Pariwisata Daerah Provinsi Sulut Daniel Mewengkang melalui Kepala Bidang (Kabid) Pengembangan Destinasi Jhon H Paerunan,SH kepada awak media, Senin (19/3/2019) diruang kerjanya mengatakan, dengan meningkatnya kunjungan wisatawan mancanegara (wisman) di Sulut, maka didorong kepada Pemerintah desa (Pemdes) agar dapat memberdayakan Dandes melalui BUMDes untuk pengembangan Destinasi Pariwisata.

Menurutnya, melalui BUMDes maka Pemdes dapat melakukan perencanaan dan pembangunan kepariwisataan di desa, yang berdampak pada pemasukan Pendapatan Asli Desa (PADes).

Dia mencontohkan, ketika mengikuti kegiatan regional 3 Deputi Bidang Pengembangan Destinasi Pariwisata Kementerian Pariwisata RI yang dilaksanakan di Jogyakarta, diungkapkan berbagai keberhasilan pengelolaan pembangunan destinasi pariwisata yang dilakukan oleh Pemdes melalui BUMDes yang memakai anggaran Dandes.

Dijelaskannya, destinasi Tebing Breksi (eks lokasi pertambangan) oleh Pemerintah Desa Sambirejo Kecamatan Prambanan Kabupaten Sleman, menatanya dengan apik dan unik serta menyediakan fasilitas sarana kendaraan jeep bagi wisatawan yang berkunjung kesana.

“Potensi destinasi wisata di Sulut sangat banyak dan akan terus dikembangkan. Kami sedang mendorong Dinas Pariwisata Minahasa dan Tomohon, untuk merintis potensi air terjun menjadi destinasi wisata yang menyediakan kendaraan jeep,”ucap Paerunan.

Dia berharap, melalui BUMDes Pemerintah Desa dapat memberdayakan Dandes untuk pembangunan destinasi wisata air terjun tersebut. (JoTam)

You must be logged in to post a comment Login