PROYEK FISIK BENDUNGAN KUWIL CAPAI 48,88 PERSEN

Manado, Sulutlink.com – Manager Project PT Wijaya Karya (Persero) tbk, Aprianto Donny mengatakan pengerjaan fisik Bendungan Kuwil Kawangkoan, Kabupaten Minahasa Utara, Sulawesi Utara, paket satu telah mencapai 48,88 persen hingga 10 Agustus 2019.

“Paket dua dikerjakan oleh PT Nindya Karya, sementara paket satu kita kerja sama operasi bersama dengan PT Daya Mulia Turangga,” sebut Aprianto di Manado, Jumat.

Lingkup kerja paket satu mencakup pembangunan terowongan pengelak dan outlet, bendungan utama dan perkerasan puncak bendungan.

Sementara paket dua mencakup bangunan pelimpah, bangunan Pembangkit Listrik Tenaga Mikro Hidro, jalan inspeksi, jalan akses, bangunan fasilitas, bangunan pengambilan, terowongan pengelak serta jembatan spillway.

Dia mengatakan, saat ini pekerjaan sementara difokuskan pada perbaikan pondasi dinding diafragma (diafragma wall) karena berdasarkan investigasi lapangan memerlukan penanganan khusus yang berbeda dengan desain sebelumnya.

“Jadi selama satu tahun kemarin dilakukan kaji ulang terhadap pondasi oleh konsultan, kami dan Balai Wilayah Sungai Sulawesi I kemudian dibawa ke komisi keamanan bendungan, pada akhirnya disetujui,” ujarnya.

Salah satu alasan desain dinding diafragma diperbarui sampai kendalaman 35 meter karena di bawah pondasi ada lapisan pasir kira-kira setebal 20 meter yang mengandung air.

Awalnya, kata dia, menggunakan desain “grouting”, namun dinilai tidak efektif menangangi air sehingga diganti dengan desain diafragma wall dengan tebal satu meter.

“Desain diafragma dinding sudah pasti kemudian mulai menimbun ke atas. Kita perkirakan fisik bangunan bendungan ini bisa selesai hingga Desember tahun 2020 karena ada penambahan pekerjaan,” sebut Aprianto. (ANT/Ryn)

You must be logged in to post a comment Login