Putus Kontrak Dengan BPJS, Pemkab Minahasa Gandeng Sembilan Rumah Sakit.

Minahasa-Sulutlink.com-Per 31 Desember 2020 kerjamasama BPJS Kesehatan dengan Pemerintah Kabupaten Minahasa sudah berakhir, terkait hutang Pemkab Minahasa sebesar Rp 8 milyar dari total sebelumnya Rp 18 milyar yang belum dibayarkan,
pihak BPJS tidak bisa memberikan kelonggaran waktu terhadap permohonan penundaan pembayaran utang iuran yang menjadi tanggung jawab Pemkab Minahasa.

Namun demikian Pemkab Minahasa tidak serta merta untuk lepas tanggung jawab terhadap pelayanan kesehatan kepada masyarakat, Pemkab Minahasa langsung mengambil langkah inisiatif dengan menggandeng sembilan Rumah Sakit yang tersebar di Manado, Tomohon dan Minahasa.

“Per 31 Desember oleh BPJS kontrak kerjasama diputus tapi bukan berarti kita mengabaikan pelayanan kesehatan bagi masyarakat seperti yang sudah menjadi komitmen kami tetapi kami sudah mengambil langkah antisipasi dengan menandatangani kerjasama dengan sembilan rumah sakit di Minahasa, Tomohon dan Manado,” jelas Bupati Minahasa Ir Royke Oktavian Roring Msi (ROR) saat memimpin Apel Kerja Awal Tahun bagi jajaran Pemerintah Kabupaten Minahasa, Senin (04/01/2021) di Tondano.

Sembilan rumah sakit yang dimaksud tersebut masing-masing RSUD Sam Ratulangi Tondano, RSUD Noongan Langowan, RS Budi Setia Langowan, RS Siloam Sonder, RS Bethesda Tomohon, RS Gunung Maria Tomohon, RS Mata Manado, RS Awaloei Tateli dan RSUP Prof. Kandou Manado.

Dijelaskan Bupati bahwa ada 42 ribu warga Minahasa sesuai Data Terpadu Kesejahteraan Sosial (DTKS) yang ditanggung pembiayaan kesehatan mereka jika berobat di 9 rumah sakit tersebut. Jumlah tersebut diluar warga yang sudah masuk program Jaminan Kesehatan Nasional-Kartu Indonesia Sehat (JKN-KIS) serta Jaminan Kesehatan Daerah (Jamkesda) Provinsi Sulawesi Utara.

Data kepesertaan tersebut yang dalam waktu dekat ini akan diserahkan dan diumumkan di masing-masing desa/kelurahan dan pesertanya akan menerima Kartu Minahasa Sehat.

Data itu sendiri sudah dikirimkan ke sembilan rumah sakit yang bekerjasama dengan Pemkab Minahasa. (Prokla)

You must be logged in to post a comment Login