Rapat Paripurna !!! DPRD Minsel Umumkan Penetapan Fraksi Dan Pimpinan Dewan

Minsel,Sulutlink.com- Dewan Perwakilan Rakyat Daerah (DPRD) Kabupaten Minahasa Selatan mengelar Rapat Paripurna membahas 3 agenda penting, Rabu (18/9/2019) yang dilaksanakan diruang Rapat Paripurna.

Adapun 3 agenda penting yang diparipurnakan yaitu, Pengumuman dan Pembentukan Fraksi, Penetapan Calon Pimpinan DPRD masa jabatan 2019-2024 dan Pembicaraan tingkat Kesatu terhadap Rancangan Peraturan DPRD tentang Tatib DPRD Kabupaten Minsel.

Ketua Sementara DPRD Minsel Jenny Johana Tumbuan SE dalam sambutannya mengatakan, berdasarkan ketentuan PP No 12 tahun 2018 tentang Pedoman Penyusunan Tata Tertib DPRD Provinsi, Kebupaten dan Kota, dalam pasal 120 disebutkan bahwa, fraksi DPRD dibentuk paling lama satu bulan setelah pelantikan anggota DPRD dan ini dalam rangka mengoptimalisasi fungsi tugas dan kewenangan serta hak kewajiban DPRD.

Menurutnya, berdasarkan Keputusan Pimpinan Sementara DPRD tentang Pembentukan Fraksi-Fraksi di DPRD Minsel terdapat 5 fraksi diantaranya, Fraksi Partai Golkar, Fraksi PDI Perjuangan, Fraksi NasDem, Fraksi Demokrat dan Fraksi Pemnas (gabungan Perindo dan PAN).

Dia juga menjelaskan, berkaitan dalam waktu dekat DPRD akan membahas agenda-agenda penting diantaranya, pembahasan rancangan APBD tahun anggaran 2020 maka alat kelengkapan Dewan yaitu, Badan Musyawarah (Banmus), Badan Anggaran (Banggar) dan Komisi-Komisi tidak dapat terbentuk sebelum ada pimpinan definitif DPRD.

Ditambahkannya, berdasarkan UU No 23 tahun 2014 tentang Pemerintahan Daerah dimana pada pasal 164 disebutkan, DPRD Kabupaten/Kota yang beranggotakan 20 sampai 44 orang, memiliki Pimpinan DPRD yang terdiri dari 1 orang ketua dan 2 orang wakil ketua.

Ketua Sementara JJT juga mengingatkan, sebagaimana penetapan KPU suara terbanyak pada Pemilu 2019 adalah Partai Golkar, kedua PDI-Perjuangan, ketiga Partai Nasdem dan berdasarkan keputusan DPC/DPD parpol maka Partai Golkar mengajukan nama Jenny Johana Tumbuan untuk Ketua DPRD dan PDIP mengajukan nama Steven Lumowa untuk Wakil Ketua serta Partai Nasdem nama Paulman Runtuwene untuk Wakil Ketua. (JoTam)

You must be logged in to post a comment Login