Ratusan Guru di Minut Tidak Terima Gaji Honorer

Minut,  Sulutlink.  Ratusan Guru honorer di Kabupaten Minahasa Utara tidak dibayar Gaji honor mereka, dengan alasan,  mereka tidak terdata pada Dapodik di Dinas Pendidikan Kabupaten Minahasa Utara.

Diketahui,  sehari sebelumnya sejumlah Guru honorer mendatangi Kantor Dinas Pendidikan Minahasa Utara untuk menayakan hak-hak mereka sebagai tenaga pengajar honorer.

Namun mereka diperhadapkan dengan kenyataan pahit,  karena tidak dapat membawa pulang gaji honorer mereka selama 3 bulan terakhir.

Kepala Dinas Pendidikan Kabupaten Minahasa Utara,  Wolayan Sofitje, SE.  MM melalui Sekertaris Dinas,  Olfiy Kalengkongan,  S. Pd.  M. MPd. diruang kerjanya, (15/12).  Membenarkan ada ratusan tenaga Guru honorer yang tidak mendapatkan Gaji honorer mereka.

Di Minahasa Utara ada 1. 000 tenaga Guru honorer,  tetapi yang tercatat pada Dapodik hanya 680 Guru honorer.  Dengan demikian hanya merekalah yang dibayarkan Gaji honorer sesuai yang dianggarkan dalam APBD Perubahan 2017. terang Olfy.

Maka ada sekira 320 orang tenaga Guru honorer yang tidak mendapatkan hak-hak mereka berupa Gaji honorer Rp.  1 Juta per bulannya.

Dijelaskan Olfy,  ada beberapa permasalahan yang terjadi dilapangan, seperti : Tidak terlaporkannya tenaga Guru honorer oleh masing-masing sekolah,  Juga ada Guru honorer sesuai aturan yang ada tidak memenuhi persyaratan sebagai tenaga Guru.

Olfy, sangat menyayangkan atas kejadian seperti ini , mengingat mereka telah mengabdi dalam ikut mencerdaskan anak-anak bangsa.  Namun pihaknya harus mematuhi aturan yang berlaku.

Berbagai upaya telah dilakukan pihaknya, dengan melakukan konsultasi dengan pihak Komisi I DPRD Kabupaten Minahasa Utara, untuk mencari jalan keluar terbaik bagi Guru honorer yang belum tercatat pada Dapodik sekolah.

Sehingga mereka juga dapat menikmati hasil jerih payah mereka berupa Gaji honor. Namun hingga saat ini masih terus diperjuangkan di Dewan Minut,  jelas Olfy dengan nada penuh harap. (jansen)

 

You must be logged in to post a comment Login