RDP Komisi IV DPRD: Terkait Bantuan Paket Sembako, Dinsos Sulut Seharusnya Saling Kordinasi

By red2SL -09 On April. 23. 2020

Ketua Komisi IV Braien Waworuntu pimpin RDP

Deprov, Sulutlink.com – DPRD Sulut gelar serangkaian Rapat Dengar Pendapat (RDP), diantaranya Komisi IV telah mengundang salah satu mitra kerja yakni Dinas Sosial Provinsi Sulut.
Sekalipun Sulut masih dalam suasana social distancing, jaga jarak, bahwa instruksi protokol satgas covid 19 tetap menjadi perhatian DPRD Sulut.

Gelar RDP oleh Komisi IV, adalah menindak lanjuti program kerja DPRD Sulut dalam rangka optimalisasi kinerja mitra skpd sekaligus membahas rencana dan penyusunan penganggaran terkait teknis dan mekanisme pemberian bantuan yang akan tersebar ke masyarakat di seluruh penjuru Sulawesi Utara, di karenakan Wabah Covid-19,

Oleh karenanya Komisi IV DPRD Sulut melaksanakan RPD dengan Dinas Sosial, Kamis (23/4/2020).

Pantauan sulutlink.com, Ketua Komisi IV mempersilahkan Kepala Dinas Sosial Sulut, Rinny Tamuntuan memaparkan terkait program dinas.

Kadis Sosial Rinny Tamuntuan menyampaikan bahwa program-program kemiskinan telah di data menurut data-data terpadu kesejahteraan sosial. Anggaran yang di dapat untuk pos bantuan Dinsos dari APBD (penambahan anggaran) sebesar 36,5 Millyar Rupiah.

“Anggaran tersebut di pergunakan untuk dua kegiatan, yakni keperluan makanan siap saji lewat dapur umum dan untuk program paket sembako di bagi-bagikan kepada masyarakat Sulut.

Jadi, menurut kalkulasi penggunaan Anggaran melalui Program paket sembako ini dapat di hitung; dari 36,5 M bisa mendapatkan 250.000 bantuan paket sembako yang di dalamnya berupa Beras, Mie Instant, Minyak Goreng, Ikan Kaleng dan Masker. Untuk teknis penyalurannya sendiri sudah sementara berjalan, yakni sejak hari senin (20/04/2020), Adapun cara penyalurannya, melewati jalur ke agama-an,” jelas Tamuntuan.

Tanggapan Ketua Komis IV DPRD Sulut, Braien Waworuntu, mengatakan untuk penyaluran bantuan paket sembako bagi masyarakat yang terdampak Covid-19 harusnya ada pendampingan ataupun koordinasi dari Komisi IV yang merupakan mitra kerja Dinsos

“Langkah ini menurut Waworuntu, agar supaya penyaluran bantuan paket sembako dapat berjalan lebih efektif dan tepat sasaran dimana fungsi pengawasan oleh DPRD sama-sama berjalan,” tandas nya

Sekiranya kedepan, Dinsos dapat berkoordinasi dengan komisi IV ketika melakukan penyaluran bantuan paket sembako kepada masyarakat,” pungkas Braien Waworuntu, (Karel)

You must be logged in to post a comment Login