Reses Inggried Sondakh: Serap Aspirasi Warga Di Desa Kalasey Satu, Wilayah Mandolang, Kabupaten Minahasa

Deprov, Sulutlink.com – Kegiatan reses bagi anggota DPRD Sulut terpantau berakhir., termasuk kegiatan reses Inggried Sondakh dilaksanakan di desa-nya sendiri Kalasey Satu, Rabu (11/12/2019) malam

Turut hadir dalam reses, Dari Unsur Pemerintah Desa, sekaligus mewakili Pemerintah Kecamatan, Kumtua Desa Kalasey Satu, Ibu Lelly Tonngari, Unsur Pemuda, Akademisi, Organisasi Keagamaan, dan konsituen, ada sekira 200 orang.

Kali ini reses ditempat saya sendiri kalasey satu, wilayah mandolang. Karena warga di desa ini salah satu konsituen yang memilih saya menjadi anggota DPRD Sulut,” kata Inggried

Adapun aspirasi yang masuk itu adalah memang masyarakat meminta perhatian pemerintah;
Pertama, diseputar tambang yang ada di Tateli termasuk dikeluhkan masyarakat, yaitu soal air bersih, karena mereka dalam kondisi yang berada diseputar tambang sana dan banyak air, dan kemungkinan dipakai dalam jumlah sangat besar oleh sejumlah pengusaha sehingga warga pada akhirnya mengeluhkan itu. Debet air bersih tidak dapat dinikmati warga karena banyak yang terkuras oleh karena aktifitas pengusaha tambang,” tutur Inggried kepada sulutlink.com tadi malam ditempat kegiatan reses desa Kalasey warga meminta perhatian serius oleh pemerintah,

  • sementara itu, aspirasi dari pak camat dan beberapa kumtua, pada reses kali ini menyampaikan semua aspirasi warga, meminta perhatian pemerintah masalah lahan pekuburan dan lapangan bola kaki karena di desa kalasey satu memang masyarakat betul- betul banyak potensi yang menggeluti sepak bola ini.
  • Kendati dari dulu memang tidak ada lapangan, sekalipun dibeberapa tempat itu sudah pernah diadakan, sehingga mereka menyampaikan aspirasi ini untuk terus disuarakan melalui reses ini, meminta perhatian pemerintah, warga berkeinginan segera diadakan lapangan bola kaki.

Lanjut dikatakan Inggried, memang, begitu banyak aspirasi warga saya, seperti usul kepada pemerintah soal bantuan usaha peternakan, kelompok-kelompok tani, usaha perikanan bahkan termasuk bantuan-bantuan study.

Bagi anggota DPRD, Inggried Sondakh yang duduk di komisi II Dapil Minahasa – Tomohon ini, sangat merindukan usulan, masukan, serapan aspirasi warga seputar wilayah mandolang, tentu berjanji akan menindak lanjutinya, memperjuangkan bersama teman-teman dikomisi, serta berkonsultasi dengan pemerintah provinsi, untuk diteruskan ke kementerian terkait.

Diketahui, karena terkait anggaran tahun 2020 sudah diketuk, maka untuk kedepan walaupun keterbatasan anggaran saat ini, tapi pihaknya bersama teman-teman dari komisi II akan menindak lanjuti seluruh serapan aspirasi masyarakat mandolang.

Dan kedepan mudah-mudahan dalam pembahasan bersama tim anggaran dprd dan tim anggaran pemerintah daerah dapat diusulkan nantinya di APBD Perubahan.

Pantauan sulutlink.com, mengahiri dialog, Inggrird menyampaikan, menghimbau agar pengusaha diseputar tambang karena diduga ada indikasi pencemaran diseputar tateli, bisa berkordinasi antar kumtua, dan kecamatan terkait keluhan warga, khususnya masalah pencemaran diseputar tambang menyebabkan minimnya air bersih,” tandasnya. (rel) redaksi2-009

You must be logged in to post a comment Login