Rio Dondokambey Terpilih Ketua KADIN Sulut 2020-2025

Rio Dondokambey sebagai Ketua Kamar Dagang dan Industri (KADIN) Sulawesi Utara (Sulut)

MANADO, sulutlink.com– Terpilihnya Rio Dondokambey sebagai Ketua Kamar Dagang dan Industri (KADIN) Sulawesi Utara (Sulut) membawa angin segar bagi pelaku dunia usaha di Sulut.

Hal itu dikatakan Ketua Umum KADIN Indonesia, Rosan Perkasa Roeslani ketika menghadiri dan pengukuhan KADIS Sulut masa bakti 2020-2025,

“Saya meyakini dengan ketua umum terpilih kontribusi KADIN terhadap dunia usaha di Sulawesi Utara akan menjadi lebih baik dan lebih berkembang. Teruslah jalin komunikasi, berdiskusi untuk menghasilkan terobosan-terobosan dan pemikiran-pemikiran bersama, karena KADIN adalah mitra pemerintah dalam meningkatkan ekonomi melalui usaha di daerah,” katanya.

“KADIN Sulut harus memainkan peran yang sangat besar karena kalau kita lihat, letak geografisnya Sulut ini sangat-sangat strategis, ini bisa menjadi pintu gerbang di wilayah Timur Indonesia dalam rangka kita menciptakan tidak hanya investasi tetapi menciptakan suatu kesejahteraan secara luas, tidak hanya dunia usaha tetapi juga untuk masyarakat Sulut dan Sulawesi secara keseluruhan,” paparnya.

Sementara itu, Ketua KADIN Sulut Rio Dondokambey menegaskan komitmen KADIN Sulut sebagai mitra pemerintah ikut membantu promosi atas usaha atau pun produk lokal para pelaku usaha di daerah di tengah pandemi Covid-19.

“Saya ingin mengatakan bahwa Kadin Sulut adalah mitra dari Pemprov Sulut. Jadi pengusaha-pengusaha di Sulut ini harus sukses tetapi kesuksesan yang didapat oleh pengusaha harus membawa dampak positif dari masyarakat Sulut,” katanya.

“Salah satu visi dan misi dari Kadin Sulut ini adalah mempersiapkan pelaku-pelaku usaha di Sulut ini baik yang besar maupun yang kecil UMKM kita harus mempersiapkan mereka untuk dunia bisnis internet,” sambungnya.

Untuk itu, dia berharap adanya sinergitas dan koordinasi yang terus berjalan antara pengurus KADIN Provinsi dengan pengurus Kadin di kabupaten/kota di Sulut.

Selain itu, sinergitas juga akan terus dilakukan dengan pemerintah daerah sebagai mitra KADIN, sehingga baik pemerintah maupun dapat melakukan terobosan dan lompatan-lompatan untuk peningkatan kualitas usaha mikro agar bisa memenuhi permintaan pasar baik regional, domestik maupun internasional.

Ia juga meminta lembaga-lembaga baik pemerintah maupun swasta terus menopang agar pelaku usaha dapat tetap bertahan di tengah krisis ekonomi global maupun nasional termasuk di dalamnya suntikan dana sebagai stimulasi, agar sektor usaha di daerah tetap berproduksi dan mendapatkan pasar yang tetap.

“Tentunya, upaya-upaya ini dibarengi dengan kualitas produk lokal, sehingga dibutuhkan pelatihan-pelatihan dan keterampilan dari pelaku usaha,” kata Ketua KADIN Sulut. (***)

You must be logged in to post a comment Login