Roadshow ‘Sepakat Indonesia Damai’ Jadikan Pemilu Pemersatu, Bukan Pemecah Belah Bangsa’

DEPROV Sulutlink.com – Aksi Pawai ‘Sepakat Indonesia Damai’ Forum Wartawan DPRD Provinsi Sulawesi Utara (Forward Sulut) bersama Tumbelaka Academy Center (TAC) sukses di dilaksanakan, Jumat (12/4/2019)

Deklarasi Sepakat Indonesia Damai ini didukung oleh DPRD Sulut, Pemprov Sulut, KPU Sulut,dan Kapolda Sulut sekaligus memberikan fasilitas pengamanan selama roadshow berlangsung.

Tampak Ketua DPRD Sulut Andrei Angouw, Kasat Pol PP Prov Sulut Steven Liow dan Anggota dewan Edwin Lontoh sudah hadir dalam acara ini

Aksi deklarasi forum wartawan Se Sulut sebelum bergerak ke titik~titik yang akan dilalui, Tim kerja menyiapkan satu acara yang bernuansa seremonial yakni saling mengenal antar media, dirangkaikan dengan sambutan dan pengarahan oleh Ketua Dewan Andrei Angouw, Sambutan tertulis Gubernur Sulut dibacakan oleh Kasat Pol.PP Steven Liow, sambutan pengarahan langsung penggagas deklarasi Abang Taufik Tumbelaka (TAC) dirangkaikan dengan acara yang ditunggu~tunggu yakni penananda tanganan deklarasi mendukung pawai “SEPAKAT INDONESIA DAMAI” diawali oleh Ketua Dewan Sulut Andrei Angouw menyusul Kasat POL P.P, Steven Liow, Anggota Dewan Edwin Lontoh dan secara bergilir penanda tanganan oleh seluruh wartawan yang hadir dilanjutkan dengan ramah tamah makan siang.

Seluruh wartawan dengan berseragam baju hitam ini segera bergegas melakukan aksi damai dengan mengikuti arahan tim kerja berhati~hati mengendarai kendaraan yang dimulai dari halaman Kantor DPRD Provinsi Sulut. Pesertanya didominasi oleh komunitas jurnalis Se Sulawesi Utara mulai melakukan roadshow ke beberapa titik di seputar Kota Manado yakni Kantor Gubernur di Jalan 17 Agustus, Jalan Bolevard Mantos, Megamal sejenak berorasi dan bersosialisasi kepada masayarakat sambil membagikan pamflet tata cara nyoblos, dan memberikan bunga kepada masyarakat pengunjung mega mall dan pengendara kendaraan roda 2 dan 4, dilanjutkan ke Taman Kesatuan Bangsa (TKB) yang letaknya di pusat Kota Manado, juga sesaat berorasi dan bersosialisasi kepada masyarakat.

Roadshow Sepakat Indonesia Damai berakhir di Kantor KPU Sulut Jalan Diponegoro dan rombongan diterima Dr. Ardiles Mewoh SIP, MSi Ketua KPU Sulut dan Komisioner KPU Divisi Sosialisasi, Salman Saelangi S.Kel.

Direktur Tumbelaka Academic Center (TAC), Taufik Tumbelaka dalam sambutannya mengatakan, roadshow “Sepakat Indonesia Damai” merupakan satu-satunya di Indonesia, selutuh jurnalis se provinsi Sulut bersatu mengadakan sosialisasi Pemilu damai.

“Mungkin ini satu-satunya di Indonesia yang ada tagline Indonesia Damai bersama para jurnalis,” tutur Tumbelaka. yang juga pemrakarsa kegiatan ‘Sepakat Indonesia Damai.

Ketua KPU Sulut, Ardiles Mewoh, menyambut baik kegiatan sosialisasi wartawan bersatu untuk menyukseskan Pemilu Damai menjadi harapan besar KPU Sulut bisa menyukseskan Pemilu dengan jujur.

“Menjadi Ikhtiar bagi kami KPU Sulut agar Pemilu sukses. Kami akan melaksanakan tahapan Pemilu ini secara jujur dan adil,” pungkas Mewoh.

Sebelumnya, ketua tim kerja Yos Tinungki, mengatakan meskipun kegiatan ini dadakan namun demi suksesnya Pemilu 2019 para wartawan sepakat menyukseskan Pemilu damai.

“Melalui kegiatan ini kami berharap masyarakat ambil bagian dalam Pemilu 17 April nanti melalui sosialisasi untuk tidak golput mari gunakan suara demi suksesnya Pemilu damai, ” ujar Tinungki.

Ketua DPRD Sulut, Andrei Angouw, dalam sambutannya berharap Pemilu dengan anggaran yang besar harus berjalan damai.

“Pemilu harus damai kalau tidak damai kita yang susah, apalagi dengan anggaran yang besar sayang sekali kalau Pemilu tidak aman. Pemilu harus jadi pemersatu bukan pemecah belah bangsa,” terang Angouw.

Kasat Pol PP Sulut, Steven Liow mewakili sambutan tertulis Gubernur Olly Dondokambey ketika menerima rombongan aksi di Kantor Gubernur mengatakan, melalui kegiatan Pemilu Damai dapat memperkuat tekad untuk saling menjaga keamanan menjelang Pemilu.

“Pemilu yang akan dilaksanakan 17 April 2019 nanti kita harapkan berjalan damai. Melalui kegiatan sosialisasi seperti ini kita harapakan masyarakat ambil bagian dalam Pemilu nanti dan menggunakan hak pilihnya,” ajak Liow.

Turut hadir perwakilan wartawan dari AJI, IJTI.

red2supit
April 12 2019

You must be logged in to post a comment Login