ROR-RD Evaluasi Program Jaminan Kesehatan Daerah

 

Bupati dan Wakil Bupati Minahasa saat rakor evaluasi Jamkesda

Tondano,Sulutlink.com – Bupati Minahasa Royke Oktavian Roring (ROR) dan Wakil Bupati Robby Dondokambey (RD) melakukan evaluasi pelaksanaan program jaminan kesehatan daerah yang baru bergulir sejak awal oktober lalu.

Hal ini sebagaimana tertuang dalam Rapat Koordinasi Pemerintah Kabupaten Minahasa dengan BPJS Kesehatan Tondano, pada Rabu (24/10/2018) di Ruang Sidang kantor Bupati Minahasa.

Di hadapan para Camat, Lurah, Hukum Tua se Kabupaten Minahasa, Bupati ROR mengawali rapat koordinasi dengan mengecek kehadiran para Camat , Lurah dan Hukum Tua karena saat rapat dimulai peserta rapat masih sedikit dan dengan tegas ROR.meminta mulai saat ini harus lebih disiplin waktu dalam setiap pertemuan rapat dinas.

Dalam rapat koordinasi yang di hadiri pula oleh Sekretaris Daerah Kabupaten Minahasa Jeffri R Korengkeng ,Kepala Disdukcapil Riviva Maringka, Kepala Dinas Kesehatan dr. Yuliana A.D Kaunang,Kepala Dinas Sosial Royke T Kaloh dan Kepala Cabang BPJS Kesehatan Dony Jembar Saifudin, Bupati Minahasa Royke Roring langsung mengevaluasi Pelaksanaan Program UHC (Universal Health Coverage) /Jaminan Kesehatan Daerah sejak diluncurkan pada tanggal 1 Oktober 2018 program tersebut banyak dikeluhkan masyarakat karena ada kendala kendala tehnis dilapangan sehingga ada masyarakat yg tidak mendapatkan pelayanan dari pihak pihak BPJS, Rumah Sakit maupun Fasilitas Kesehatan Tingkat Pertama yaitu Puskesmas ataupun dokter yg ditunjuk.

Lanjut Bupati Minahasa ROR bahwa rapat dalam rangka menyerap masukan dari peserta untuk penyempurnaan pelayanan kepada masyarakat penerima Jamiman Kesehatan Daerah. Bahkan Bupati ROR juga menyampaikan agar data penerima Jamkesda dapat di mutahirkan setiap bulan atau secara berkala karena dalam setiap bulan ada penduduk yg lahir, mati maupun pindah sehingga data base kependudukan berubah.

“Jangan sampai ada yang baru lahir tidak tercover dan yang sudah mati masih tercover”tegas ROR

Bupati Royke Roring menegaskan pula kepada Dinas yang terkait Disdukcapil, Dinsos, Diskes harus saling Koordinasi dan untuk para Camat, Lurah dan hukum agar lebih proaktif dalam memberikan pelayanan kepada masyarakat sehingga tidak ada masyarakat yang terabaikan.

Sementara itu Wakil Bupati Minahasa Robby Dondokambey menambahkan agar para Camat harus mengevaluasi kembali kartu -kartu yang telah di bagikan agar manfaatnya bisa dirasakan oleh penduduk Minahasa yang membutuhkan(herdy)

You must be logged in to post a comment Login