Rp 13,9 T Masih Mengendap di Bank, Ahok: Sekarang Sudah Rp 11 T

Presiden Jokowi menyatakan ada duit Rp 13,9 triliun milik Pemerintah Provinsi DKI Jakarta yang masih mengendap di bank dan belum terserap. Gubernur Basuki Tjahaja Purnama (Ahok) menjelaskan, itu memang data bulan lalu.

1

“Kan Pak Jokowi enggak punya data bulan Juli,” kata Ahok di Balai Kota, Jl Medan Merdeka Selatan, Jakarta, Kamis (4/8/2016).

Jumlah itu diungkapkan oleh Presiden Jokowi dalam ‘tabel 10 besar simpanan dana pemerintahan daerah di perbankan sesuai dengan lokasi bank’, per Juni 2016. DKI masih punya Rp 13,955,0 triulun yang belum terserap. Ahok menyatakan, nominal APBD 2016 yang tersisa saat ini sudah berkurang dari Rp 13,9 triliun menjadi Rp 11 triliun.

“Itu kan kemarin. Kita kan setiap bulan terpakai Rp 2,5 triliun untuk membayar macam-macam. Jadi sekarang posisinya Rp 11 triliun,” kata Ahok.

Kepala Badan Pengelola Keuangan dan Aset Daerah (BPKAD) Heru Budi Hartono sebelumnya juga menyampaikan, uang Rp 13,9 triliun itu adalah saldo Jakarta untuk membiayai roda pemerintahan. Heru diperintahkan Ahok untuk mengirim surat penjelasan soal ini ke Menteri Keuangan Sri Mulyani.

“Pak Jokowi enggak salah,” kata Heru. (detik)

You must be logged in to post a comment Login