Rugi Adalah Anugerah, Pengusaha Jangan Takut Rugi

Ucok dan Aditya Didi Moha di Sulut Enterprenur Day
Ucok dan Aditya Didi Moha di Sulut Enterprenur Day

Manado,  Sulutlink.  Warga Kota Manado patut bersyukur  karena dapat mendengar secara langsung bagaimana merintis satu usaha hingga beromset miliran Rupiah. Pemaparan langsung dari si pelakunya sendiri dalam ivent Sulut Enterprenur Day  di Mantos (10/8) kemarin.

Achmad Ichsan Nasution atau lebih dikenal dengan panggilan Bang Ucok,  salah satu pembicara dalam Sulut Enterprenur Day, yang digagas Aditya Didi Moha (ADM), Anggota DPR RI asal Sulut, bercerita kisah suksesnya sebagai Enterprenur muda di bidang Iven Organaser berkelas Internasional.

Ucok mengaku terinspirasi dari Enterprenur sejati Indonesia Alm.  Bob Sadiono, kemudian pertama kali membuat Iven Kuliner hanya dengan mengumpulkan para tukang bakso dan mie ayam di kompleks tempat tinggalnya di pojok Kota Jakarta dengan perjanjian keuntungan dibagi sama.

Berbagai iven telah dilakukan mulai dari pementasan artis Nasional hingga Internasional,  pameran sejumlah produk hingga mengurus ikan cupang telah dijalaninya.  Dari sejumlah iven yang ditangani, bahkan pernah merugi hingga Rp.  250 Juta saat itu.

Namun dari pengalaman rugi inilah,  menjadikannya semakin dipacu dan bangun kembali sehingga dalam tempo 7 bulan saja, hutang Rp. 250 juta lunas dibayarkan. Walau kalau mau dihitung gajinya sebesar Rp. 250 Ribu / bulan, pasti tidak sanggup menyelesaikan hutang sebesar itu, apa lagi dalam jangka 7 Bulan saja.

Pesan Ucok,  “jika ketemu masalah dalam usaha kita,  jadikanlah itu sebagai Anugerah dan jangan takut rugi kalau mau jadi Enterprenur sejati.”  Menurutnya, justru setiap masalah yang kita jumpai, baik dari diri sendiri maupun masalah orang sekitar kita, disitulah timbul gagasan yang menciptakan peluang ke depan walau sesederhana apapun itu.

Saat ini Ucok membidik para kawula muda yang menurutnya tidak disentuh dan diberdayakan, padahal memiliki potensi besar untuk berkembang ke depan. Melalui JakCkloh sebagai wadah berkreasi,  maka Ucok akan melakukan Tour di Kota-kota besar Indonesia untuk membangkitkan semangat Enterprenur Muda Indonesia. (jansen)

 

 

You must be logged in to post a comment Login