Sambangi Kantor Detik.com,Olly Ulas Program Pro-Rakyat

¬†Jakarta, Sulutlink.com. Ditengah kesibukkannya memimpin Provinsi Sulut, Ketua DPD PDI-P Sulut dan bendahara umum PDI-P pusat,Olly Dondokambey masih menyisahkan perhatiannya kepada pemberdayaan potensi alam Provinsi Sulut salah satunya ada kawasan taman laut Bunaken yang keindahannya telah mendunia itu. “Kebersihan dan Keindahan harus tetap terjaga dari pencemaran akibat sampah”ujar Olly Dondokambey saat bertandang ke kantor Redaksi Detik.com Senin (7/5/2018) di Jakarta.

 Kedatangan Olly Dondokambey yang di dampingi Ajudan pribadinya Victor Rarung itu diterima langsung oleh Direktur pemberitaan Detik.com dan Pemimpin Redaksi Detik.com, membahas sejumlah program Pro-Rakyat yang sedang digalakkan salah satu fokus perbincangan santai namun serius itu adalah upaya dan komitmen pemerintah daerah menjaga keutuhan kawasan wisata laut taman Bunaken yakni melalui lomba bersih-bersih laut.

Kepada para petinggi media online nasional terbesar di Indonesia, bahwa sampah yang terlihat diperairan Bunaken itu mayoritas adalah sampah kiriman dari daerah lain di Sulut bahkan dari Provinsi Tetangga.

“Di laut bebas kalau musim angin barat sampah dari sana datang. Jadi bukan cuma sampah dari darat kota Manado tapi sampah kiriman dari luar kota Manado.”ujar Olly.

Untuk itu kata Olly, selain pemerintah Kota Manado dan kota lainnya di Sulut, dalam penanganan dan penyelamatan serta pelestarian kawasan taman laut Bunakan juga melibatkan lembaga negara,BUMN dan pihak swasta lainnya di Sulut.

Olly mengatakan bahwa untuk masalah sampah ini, ada beragam cara yang bisa dilakukan untuk mengatasinya. Salah satu cara yang ikut melibatkan traveler adalah lomba bersih-bersih laut.

“Sudah beberapa kali, dinas kelautan kita kerjasama.Jadi bikin lomba dapat hadiah. Kita ongkosin penyelam-penyelam, tabungnya kita ongkosin semua. Siapa dapat sampah paling banyak dapat hadiah,” jelas Olly.

Lomba ini sebelumya memang sudah diadakan beberapa kali dan banyak traveler yang antusias ikut serta. Hadiahnya pun beragam, misalnya saja yang dapat sampah paling banyak bisa dapat hadiah motor. Ke depannya Olly berencana mengadakan lomba dalam skala yang lebih besar. “Memang saat ini gerakan pembersihan kawasan taman laun Bunaken yang dilakukan oleh pemerintah daerah melalui dinas terkait dan pihak swasta sifatnya masih bersifat lokal,namun saya rencana bakal menggelar kegiatan serupa tapi berskala lebih besar lagi.” tandas Olly sambil menambahkan bahwa saat ini hingga bulan Agustus adalah waktu yang tepat menikmati keindahan alam bawah laut Bunaken karena kondisi lautan lagi tenang.

Saat ini, selain deretan destinasi wisata bahari yang favorit seperti Raja Ampat, kawasan Bunaken di Manado, Sulawesi Utara menawarkan pemandangan bawah laut yang menawan. Untuk mencapai salah satu Destinasi laut terindah di dunia ini, Jika ingin Kota Manado hanya membutuhkan waktu sekitar 30-40 menit saja.

Sejak lama Bunaken telah terkenal hingga mancanegara dan penyelam dari berbagai negara pun tertarik menyelami keindahan bawah lautnya. Untuk itu dalam menjaga kemolekkan dan kelestarian Bunaken Gubernur Sulut Olly Dondokambey mengarahkan perhatian ekstra atas hal ini diantaranya meningkatan kesadaran masyarakat untuk tidak membuang sampah dan meningkakan partisipasi publik dalam pelestarian dan penyelamatan salah Destinasi air adalah Sulut bahkan Indonesia.(Nando/dtc)

You must be logged in to post a comment Login