SAMBANGI RSUD NOONGAN, KOMISI IV DPRD SULUT BERHARAP PELAYANAN YANG BAIK BAGI PASIEN COVID-19

PERSONIL ANGGOTA KOMISI IV DPRD SULUT
DAN
STAF RSUD NOONGAN – LANGOWAN MINAHASA
(DEPAN RSUD NOONGAN)

Deprov(sulutlink.com) Menjalankan amanah fungsi pengawasan bagi Komisi IV DPRD Sulut lakukan sidak  kunjungan kerja di tengah pandemi covid-19 dalam rangka memperoleh kejelasan sampai sejauh mana setiap program dan kebijakan pemerintah khususnya layanan dibidang kesehatan yang menjadi tanggung jawab sepenuhnya oleh instansi RSUD Noongan,” kata Braien Waworuntu, dalam kunjungan komisi, pada Kamis (16/7/2020 kemarin

Komisi IV Inspeksi Seputar RSUD Noongan

Menurutnya, di RSUD Noongan ada program tentang pencegahan dan pengendalian CVD berdasarkan surat keputusan direktur UPTD RS Type C Noongan Provinsi Sulawedi Utara yang
bernomor 800/SK.RSTC-N/231/III/2020 tentang tim Kesiapan Kewaspadaan terhadap Pencegahan dan Pengendalian CVD di RSUD Noongan tanggal 31 Maret 2020.  Berikut susunan struktur tugas pokok dan fungsi (tupoksi); Penanggung Jawab (dr. Merry Mawardi, Sp.A), Ketua (dr. Stevanus S. Pesik, Sp.PD), Wakil Ketua (dr. Nugra A Raturandang) Sekretaris (dr. Endriko S. Toreh) dan Tenaga Kesehatan CVD; Dokter Spesialis (4 orang), Dokter Umum (11 orang), Perawat (55 orang), Analis Lab (4 orang), Petugas Radiologi (3 orang);

Komisi IV dalam kunjungan kerjanya secara bergilir meminta seluruh staf yang menangani tugasnya masing- masing, meminta data tata layanan kesehatan terkait pasien-pasien covid maupun pasien perorangan dari ruangan keruagan, tidak ada yang harus dilewati dari keseluruhan kegiatan program terkait tatalayanan RSUD Noongan ditengah pandemi CVD, disamping melakukan dialog dengan para pejabat terkait sesuai tupoksinya,” tulis Braien Waworuntu untuk (sulutlink.com).

Berikut Laporan fisik dari RSUD Noongan yang dikutip Tim Komisi IV DPRD selama melaksanakan kunjungan kerja hingga sore waktu setempat;

Data aset RSUD Noongab sampai saat ini, Kapasitas Tempat Tidur (Ruangan) RSUD Noongan, VIP: 5 ruangan, Kelas I: 11ruangan, Kelas II: 21 ruangan, Non Kelas: 59, Isolasi: 19 dan HCU/ICU: 10.

Jumlah SDM RSUD Noongan, Medis: 182, THL: 169 dan Kemitraan: 28. Indikator Pelayanan Bed Occupancy Rate (BOR; Januari 81%, Februari 76.31%, Maret 64.09%, April 59.1% dan Mei 35.22%.

Laporan kegiatan Kunjungan Pasien di Tahun 2020 berjalan dalam hitungan  rata-rata; Rawat Jalan per hari di bulan Januari 74 pasien, Februari: 80, Maret: 67, April: 36 dan Mei: 53. Rata-rata rawat Inap per hari di bulan Januari: 15 pasien Februari: 15, Maret: 15, April: 9 dan Mei: 5.

Pasien yang dirawat di ruangan Isolasi CVD; April (3 PDP, 0 Positif), Mei (5 PDP, 9 Positif), Juni (9 PDP, 15 Positif). Pasien Terkonfirmasi Positif CVD; Sembuh (13 orang), Meninggal (3 orang), Menunggu hasil (1 orang), Total           (17 orang).

Komisi IV DPRD Provinsi Sulawesi Utara
pun meminta kepada para perawat maupun dokter yang juga sebagai garda terdepan melawan Wabah Covid-19 untuk terus tingkatkan  melakukan pelayanan yang baik.

Komisi IV akan terus menjalankan fungsi pengawasan ditengah kondisi pandemi saat ini guna memastikan setiap program dan kebijakan pemerintah dapat berjalan maksimal, transparan dan akuntabel demi untuk kemaslahatan masyarakat Sulawesi Utara.

Komisi IV pun mendorong setiap RSUD agar dapat menjalankan pelayanan dengan maksimal dan memberi kenyamanan bagi setiap pasien covid maupun bagi setiap pasiar umum lainnya,” tandas Braien Waworuntu

Diketahui hadir dalam kunjungan tersebut Ketua Komisi, Braien Waworuntu, Wakil Ketua Careig Runtu, Sekretaris Komisi dr. Fransicus Silangen, Melky J. Pangemanan, dr. Richard Sualang, Yusra Alhabsyi.

Salam Restorasi,
Braien R L Waworuntu, SE
Ketua Komisi IV Bidang Kesejahteraan Rakyat DPRD Provinsi Sulawesi Utara

Sumber: BRAIEN WAWORUNTU, SE  (*)

You must be logged in to post a comment Login