Sampah Menggila !!! Kokong Dorong Kegiatan Bank Sampah Diaktifkan

Manado,Sulutlink.com – Menggilanya sampah rumah tangga dan industri di Kota Manado, membuat rasa prihatin yang mendalam bagi tokoh masyarakat.

Ferly. Y.R. Kokong tokoh muda penggiat lingkungan di Kota Manado kepada awak media Jumat (15/2/2019) mengatakan, masalah sampah di Kota Manado telah menjadi masalah bersama dan perlu juga diselesaikan secara bersama-sama.

“Perlu ada ketegasan dari Pemerintah Kota untuk menegakkan Perda kebersihan yang ada. Ini wajib dijalankan, agar ada kepastian hukum atas warga yang tidak taat akan kebersihan lingkungan,” ujar pemilik bank sampah Paradise Ranotana Weru.

Menurutnya, Pemerintah Kota Manado juga perlu memperhatikan dan meningkatkan kesejahteraan dari petugas-petugas kebersihan yang merupakan ujung tombak dari gerakan bersih-bersih kota.

Menurutnya, perlu juga ada kepastian dari Pemerintah Kota Manado untuk dapat menggerakkan masyarakatnya yang ada di lingkungan masing-masing, untuk terjun secara bersama dalam gerakan jumat bersih.

Dia juga mengajak, agar keberadaan bank-bank sampah di Kota Manado untuk diaktifkan secara maksimal dan ini merupakan salah satu solusi dalam mengurangi sampah.

Dijelaskannya, keberadaan bank sampah ini juga dapat meningkatkan penghasilan keluarga.

“Sampah plastik gelas air mineral dan yang bersih harganya Rp. 5000/ kilo sedangkan botol air mineral yang bersih Rp. 2500/ kilo,”ucap Kokong. (JoTam)

You must be logged in to post a comment Login