Sekdakot Bitung Buka Diklat Penguatan Kepala Sekolah

Bitung, Sulutlink.com – Sekretaris Kota Bitung Dr Audy Pangemanan didampingi asisten III Youke senduk SH.M.Si membuka acara Diklat penguatan Kepala Sekolah yang diselenggarakan Dinas Pendidikan Kota Bitung, bertempat di Hotel Sutanraja Minahasa Utara, Rabu (5/12/2018).

Dalam sambutannya Sekdakot Pangemanan mengatakan, bahwa sekolah adalah lembaga yang bersifat kompleks dan unik karena sekolah sebagai organisasi di dalamnya terdapat berbagai dimensi yang satu sama lain saling berkaitan dan saling menentukan (sistem).

“Sedangkan sifat unik karena sekolah memiliki ciri tertentu yang tidak dimiliki oleh organisasi lain , yaitu di sekolah terjadi proses pembelajaran dalam rangka mengembangkan potensi peserta didik,” ujarnya Pangemanan.

Ditambahkannya, harus kita sadari bahwa kualitas pendidikan suatu bangsa sangat berpengaruh terhadap kemakmuran bangsa tersebut . Bangsa-bangsa yang maju seperti Jepang dan Turki, mereka sangat menjunjung tinggi pendidikan dan menghargai guru.

“Sebaliknya bangsa-bangsa yang meremehkan guru dan menyepelekan pendidikan mereka sering terpuruk di segala bidang dalam hal ini pendidikan dan sekolah memiliki keterkaitan yang tidak bisa di pisahkan dan di dalam lingkungan sekolah,” tutur Pangemanan

Menurutnya, Kepala Sekolah adalah sosok yang memiliki peranan yang besar terhadap kualitas pendidikan di suatu sekolah dengan peran dan pengaruh Kepala Sekolah mampu mempengaruhi guru-guru dalam sekolah tersebut.

Bahkan ketika Kepala Sekolah bisa berbuat arif dan bijaksana serta visioner dalam memimpin sekolah, maka guru dan tenaga kependidikan menjadi naik kinerjanya sehingga sekolah cepat menjadi maju serta siswa-siswinya menjadi berprestasi.

Turut hadir Lembaga Pengembangan Pemberdayaan Kepala Sekolah Dra Vony Tambuwun M.Pd sebagai pengawas Dinas Pendidikan Provinsi Sulawesi Utara, para kepala sekolah se-Kota Bitung. (JoTam)

You must be logged in to post a comment Login