Sekolah Wajib Alokasikan 20 Persen Dana BOS Untuk Beli Buku Pelajaran

Minsel,Sulutlink.com- Dinas Pendidikan Pemuda dan Olahraga (Dikpora) Kabupaten Minahasa Selatan menaruh perhatian khusus kepada sekolah-sekolah yang memanfaatan dana Bantuan Operasional Sekolah (BOS).

Kepala Dikpora Minsel DR. Fietber Raco, MSi kepada awak media Jumat (27/9/2019) mengatakan, sekolah wajib menganggarkan dua puluh persen dana BOS untuk membeli buku mata pelajaran.

Menurutnya, ini berdasarkan aturan juknis pemanfaatan dana BOS yang merupakan penjabaran dari UU Nomor 3 tahun 2017 tentang Sistim Perbukuan.

“Dana BOS untuk SD sebesar Rp 800 ribu per siswa dan untuk SMP Rp 1 juta per siswa. Sekolah yang memiliki jumlah murid yang banyak tentunya akan lebih besar menerima dana BOS,”ucap Raco.

Ditegaskannya, pihak sekolah dilarang meminta uang ke murid untuk membeli buku pelajaran, karena telah dianggarkan melalui dana BOS dan apabila didapati maka akan ditindak tegas.

Dijelaskannya, buku pelajaran yang dibeli dengan dana BOS akan dipakai murid saat belajar dan buku tersebut menjadi investaris milik sekolah. (JoTam)

You must be logged in to post a comment Login