Sekdaprov Sulut Lepas Pawai Takbiran 1439 Hijiriah

 Manado, Sulutlink.com -Sekretaris Daerah Provinsi Sulut Edwin Silangen,SE,MS Kamis (14/6/2018) malam, melepas pawai Takbiran 1439 H, bertempat di halaman Kantor Gubernur Sulut.

Dalam sambutannya  Sekprov menyampaikan pesan Gubernur Sulut Olly Dondokambey dan Wagub Steven Kandouw yakni ucapan selamat merayakan hari kemenangan bagi umat Muslim yang ada di Sulut. Dengan dikumandangkannya takbir, maka berakhir sudah  masa Ramadhan dalam menjalankan ibadah puasa selama 30 hari.” Semoga ibadah puasa yang telah dijalankan umat Muslim dapat diterima Allah SWT dan memberikan makna dalam sanubari umat Muslim sehingga dapat diimplementasikan dalam kehidupan berjamaah dan bermasyarakat.”ujarnya.

Dia menambahkan melalui gelaran takbiran ini, menghadirkan kedamaian dalam hati umat Muslim, takbiran ini juga diharapkan menjadi sarana membina hubungan harmonis antar sesama umat dan masyarakat. Realita menunjukkan bahwa masyarakat Sulawesi Utara adalah masyarakat majemuk yang memiliki berbagai perbedaan tapi dengan dalam tali persaudaraan yang rukun dan senantiasa memandang kemajemukan adalah potensi dan kekayaan yang dikaruniakan Tuhan pada daerah ini.

“Kita juga patut berbangga karena Provinsi Sulawesi Utara selama ini mampu menunjukkan prestasinya dalam hal kerukunan umat beragama. Toleransi yang terbangun sudah mampu menjadi Sulawesi Utara menjadi barometer keamanan serta kehidupan yang rukun dan damai di Indonesia,” tandas Silangen.

Sementara itu Ketua PHBI Sulut, Syahrul Poli dalam laporannya mengatakan pelaksanan pawai Takbiran kali ini merupakan wujud umat Muslim setelah selama 30 hari melaksanakan ibadah puasa di bulan Ramadhan sehingga pada besok (Jumat, 15/6/2018) melangsungkan Sholat Ied di Hari Raya Idul Fitri 1439 Hijriyah.

“Pelaksanaan pawai ini, berkat dukungan dari semua pihak terutama kooridnasi dengan Kapolda,Danrem 131/Santiago serta Kapolresta dan Dandin 1309/ Manado serta panitia pelaksana dalam menata pawai tahun ini untuk lebih tertib dan aman.”Keamanan dan kelancaran kegiatan tahunan ini merupakan kolaborasi yang baik antara petugas keamanan,panitia pelaksana,para peserta dan warga kota Manado secara umum termasun non muslim.” Peserta dari ungkap Poli sambil menambahkan kondisi ini mencerminkan masyarakat Sulut khususnya warga kota Manado bertoleransi penuh dalam keberagaman agama dan suku.

Turut hadir dalam kegiatan yang diketahui diikuti sekitar 1.500 peserta tersebut diantaranya, Ketua DPRD Sulut Andrei Angouw, Unsur Forkopimda Sulut, Kakanwil Agama Sulut, perwakilan TNI-Polri di kota Manado, Kaban Kesbang Sulut Mecky Onibala, Kasat Pol PP Steven Liow.(Nando)

You must be logged in to post a comment Login