SIKAP SPORTIF PEMAIN MULAI DITUNJUKAN

Oleh : Bert Toar Polii

Setelah kegembiraan karena berhasil sukses menggelar turnamen bridge online bertajuk “Play Bridge From Home” di tandai dengan ikut sertanya 50 tim dari berbagai propinsi diseluruh Indonesia.
Hari ini, kembali penulis di hadiahkan kegembiraan baru ketika tadi pagi menerima telepon dari Sugeng Triworo, Kapten dari Tim Djarum LA yang meminta agar papan 12 dimana tim mereka meraih kemenangan 6 imp minta dibatalkan.
Usut punya usut karena dia sudah mengirimkan hasil pertandingan kepada panitia pelaksana dimana papan 12 mereka menang 6 imp.
Rupanya ketika selesai pertandingan salah seorang pemainnya, Ali Akbar atau akrab di panggil Ali seorang pemain nasional junior melaporkan bahwa ia salah klik pada papan 12.
Ia yang ingin klik pass ternyata yang kena klik double. Dia sudah memberi tahu lawannya bahwa ia salah klik. Namun aturan tidak memungkinkan mengganti bidnya karena pertandingan di set “no undo”.
Memang kalau melihat pegangannya ia sangat tidak pantas melakukan double. Hasilnya kontrak 4S yang dicapai lawan berakhir mati 2.
Dimeja sebelah kontrak 3NT mati 2. Atas kesalahan ini Kapten Tim Djarum berinisiatif menghubungi Kapten Tim Sultra Putri agar papan itu dianggap tidak ada dan tentu saja disetujui oleh lawannya.
Mungkin soal hasil tidak banyak berarti, tapi keinginan untuk mencari keuntungan dari kesalahan yang dilakukan sudah menunjukan tindakan sporti yang petlu kita beri apresiasi.

Papan 12 : Utara
S 109
H Q872
D A98
C J1076
Barat Timur
S A74 S KQ853
H J653 H 94
D Q2 D K10765
C K982 C Q
Selatan
S J62
H AK10
D J43
C A543
Barat Utara Timur Selatan
madalen4 van alex CikGu_149 j1m1
Pass Pass 1S Pass
4S DBL ??? Semua Pass

You must be logged in to post a comment Login