SIMPLE SQUEEZE

Oleh : Bert Toar Polii

Salah satu tema permainan yang sangat menarik dalam permainan bridge adalah tema squeeze. Menarik, karena squeeze merupakan suatu tema permainan yang cukup sulit untuk dipelajari. Namun, kalau seorang pemain berhasil memainkan tema permainan ini dengan baik akan terlihat betapa sumringah wajahnya. Umumnya pemain telah pernah terperangkap atau melakukan tema ini ketika menjadi defender atau declarer, tapi lebih banyak diantara mereka yang tidak menyadari hal ini. Cukup banyak tema squeeze yang bisa dilakukan dalam permainan, seperti Simple Squeeze, Triple Squeeze, Trump Squeeze, Jettison Squeeze dan masih banyak lagi yang lain. Sebagai awal untuk mempelajari squeeze adalah lebih baik mengawali dengan Simple Squeeze. Setelah menguasai Simple Squeeze selanjutnya akan lebih mudah menguasai tema-tema squeeze yang lain, karena menguasai Simple Squeeze berarti telah mengetahui sekitar 90% tentang Squeeze.

Sebenarnya, apa sih yang dimaksud dengan Squeeze? Secara sedeharna dapat dikatakan, squeeze terjadi apabila salah satu lawan memegang stopper di dua warna dan declarer mempunyai satu kartu tinggi di warna yang lain dan pengancam di dua warna yang dikuasai lawan. Ketika declarer memainkan kartu tinggi yang dipunyainya, lawan yang memegang stopper di dua warna otomatis akan terperangkap pada posisi squeeze, seperti contoh di bawah ini:

♠️ —
♥️ —
♦️ A K J
♣️ 2
♠️ —
Tidak Penting ♥️ —
♦️ Q 10 2
♣️ A
♠️ A
♥️ —
♦️ 8 4
♣️ K

Ketika Selatan memainkan ♠️A dan di dummy buang ♣️2, Timur terperangkap Squueze. Buang Diamond berarti Diamond di dummy akan menang sebaliknya tahan Diamond berarti harus buang ♣️A yang berakibat ♣️K declarer menjadi kartu tinggi.

Sebelum sampai kepada posisi seperti di atas maka ada beberapa syarat yang harus dipenuhi agar tema permainan squeeze bisa dilakukan, yaitu:

  1. Jika Anda membutuhkan suatu jumlah trik tertentu maka Anda harus menciptakan posisi dimana Anda tinggal membutuhkan 1 trik lagi. Sebab kalau Anda masih perlu 2 trik lagi maka tema squeeze tidak akan jalan.
  2. Harus ada entry yang menghubungkan declarer dan dummy atau sebaliknya.
  3. Lawan harus mempertahankan dua suit, sebab kalau hanya satu suit, squeeze tidak jalan.
  4. Minimal salah satu kartu pengancam harus berada di bawah lawan yang kena squeeze. Atau dengan kata lain, kalau mau squezze Barat salah satu kartu pengancam ada di Utara dan kalau Timur yang mau di squeeze, salah satu kartu pengancam ada di Selatan

Mari kita lihat bagaimana 4 syarat itu diaplikasikan dalam permainan

  1. ♠️ K764
    U/— ♥️ Q105
    ♦️ AKQ3
    ♣️ 84
    ♠️ 9 5 ♠️ 8 2
    ♥️ A K 8 7 3 2 ♥️ 9
    ♦️ 10 9 ♦️ J 7 6 5 4
    ♣️ 9 7 3 ♣️ K Q 10 6 5
    ♠️ A Q J 10 3
    ♥️ J 6 4
    ♦️ 8 2
    ♣️ A J 2

Barat Utara Timur Selatan
1♦️ Pass 1♠️
Pass 2♠️ Pass 4♠️
//

Kontrak 4♠️, Barat lead ♥️A, ♥️K dan ♥️2 yang diruff oleh Timur. Timur kemudian serang ♣️K yang diambil declarer dengan ♣️A. Di sini declarer telah memiliki semua 4 syarat yang dibutuhkan. Syarat pertama, declarer membutuhkan 10 trik tapi masih kekurangan 1 dan lawan telah mengambil haknya 3 trik. Syarat kedua, declarer memiliki entry di Diamond.

Syarat ketiga, Timur harus mempertahankan 2 suit Club dan Diamond. Kalau Barat pegang 4 lembar Diamond maka Squeeze tidak jalan. Syarat keempat, ini yang paling penting, kartu pengancam ♣️J berada di Selatan bukan di Utara. Mari kita lihat bagaimana Squeeze bekerja. Declarer setelah menang ♣️A akan cabut semua trump sehingga tercipta posisi ini:

  1. ♠️ —
    U/— ♥️ —
    ♦️ A K Q 3
    ♣️ 8
    ♠️ —
    Tidak penting ♥️ —
    ♦️ J 7 6 5
    ♣️ K
    ♠️ 3
    ♥️
    ♦️ 8 2
    ♣️ J 2

Saat declarer main ♠️3, dan di dummy buang ♣️8, Timur tidak bisa berbuat apa-apa, Kontrak ini akan gagal, kalau ♣️J ditukar tempat dengan ♣️8.

You must be logged in to post a comment Login